Bupati Sintang Release Warga Mungguk Payan Yang Tinggal Sementara di Kecamatan Sintang

Tribratanews.polri.go.id – Polda Kalbar – Polres Sintang – Sehubung dengan persoalan sengketa lahan di Mungguk Payan Kecamatan Ketungau Tengah yang kemudian berkembang menjadi munculnya berbagai isu yang bernuansa SARA sehingga berpotensi menganggu kemamanan dan ketertiban masyarkat, untuk itu Pemerintah Kabupaten Sintang beserta unsur Forkopimda Kabupaten Sintang menyelenggrakan Press Release untuk menanggapi persoalan tersebut. Rabu (21/06)

Kegiatan yang di Hadiri Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M.Med.Ph, Kapolres Sintang AKBP Sudarmin S.I.K, M.H, Dandim 1205/Sintang Letkol Inf. Marsana, Kabag Ops Res sintang, Kasat Intelkam Res Sintang, KBO Intelkam Res Sintang, Paur Subbag Humas Res Sintang, Kadis Kesbangpol Drs Budi Harto,M.Si, Staf Ahli Bupati Singang Syarifudin, S.Sos. Msi dan Kabag Hukum Pemda Herkolanus Roni,SH,MH dilaksanakan di Ruang Rapat Bupati Sintang.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M.Med.Ph menyampaikan bahwa yang terjadi di Dusun Mungguk Payan Desa Mungguk Gelombang Kecamatan Ketungau Tengah adalah sengketa lahan antara Sdr. Iskandar dengan Sdr. Sugeng.

“menyikapi masalah isu pengusiran yang berkembang selama ini di Dusun Mungguk Payan Desa Munggung Gelombang tidak lah benar, kami dari pihak pemda melalui Kominda sudah melakukan pengecekan atau pendataan tentang isu yang terjadi selama ini”

“Sebenarnya masalah ini sudah diselesaikan melalui musyawarah di Desa dan sampai ke tingkat adat Kecamatan namun pihak Sdr. Iskandar tidak menerima hasil keputusan yang sudah diputuskan oleh pihak adat Kecamatan sehingga permasalahan ini dilanjutkan ke pihak DAD Kabupaten Sintang, jadi sekarang kita tinggal menunggu hasil putusan dari DAD Kabupaten Sintang” jelas Bupati Sintang

Kapolres Sintang AKBP Sudarmin, S.I.K, M.H juga menyampaikan akan membantu pihak pemda dibidang keamanan masyarakat di Dusun Mungguk Payan Desa Mungguk Gelombang Kecamatan Ketungau Tengah, dan meminta kepada para awak media supaya jangan sampai salah dalam memuat berita yang berkaitan dengan masalah sengketa lahan antara Sdr Iskandar dengan Sdr Sugeng.

“Menyikapi berita yang tidak benar ini atau hoax, merupakan tanggung jawab kita semua, diharapkan kepada pihak media juga bisa memberikan penjelasan sejelas – jelasnya terkait yang terjadi bukan karena masalah Sara tetapi masalah sengketa tanah antara kedua individu, dan terkait keamanan di Desa tersebut, masyarakat disana juga telah menjamin untuk menjaga keamanan hingga masalah selesai, disamping itu Polres Sintang juga kedepan akan meningkatkan keamanan dan terus memonitor, melaksanakan patroli dan memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kondusifitas wilayah tersebut”

Dikesempatan yang sama Dandim 1205 / Sintang Letkol Inf. Marsana mengatakan bahwa Forkopimda Kabupaten Sintang sudah berupaya, terlihat dari sampai saat ini situasi daerah tersebut masih Kondusif.

“Kepada para media untuk memberikan edukasi dan informasi yang sebenar -benarnya terkait berita tersebut” jelas Dandim 1205 / Sintang.

Selanjutnya Bupati setelah pelaksanaan lebaran Idhul Fitri 1848 H juga akan mengunjugi daerah tersebut dan mengajak rekan-rekan media untuk melihat langsung keadan Desa tersebut.

Penulis : Chintya Farisa
Editor : Ummi Fadhillah
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password