Kendaraan Truk Nonsembako Mulai H-4 Hingga H+4 Lebaran Dilarang Melintas

Tribratanews.polri.go.id – Polda Lampung / Polres Way Kanan, Upaya memperlancar lalu lintas angkutan jalan selama dua pekan atau masa operasi ramadniya krakatau 2017, truk bermuatan nonsembako dilarang melintas di jalur lintas tengah sumatera (jalinsum) kabupaten way kanan, rabu (21 juni 2017)

Berdasarkan edaran peraturan  Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menetapkan waktu larangan melintas bagi angkutan barang atau truk pada musim mudik Lebaran 2017. Larangan tersebut berlaku mulai H-4 hingga H+4 Lebaran.

WhatsApp Image 2017-06-20 at 23.48.06

Kapolres Way kanan AKBP Budi Asrul Kurniawan mengatakan, terkait penetapan waktu larangan tersebut, pada H-4 hingga H+4 dinilai menjadi puncak dari arus mudik dan arus balik Lebaran. Dengan pertimbangan untuk menjamin keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas dan angkutan jalan serta mengoptimalkan penggunaan dan gerakan lalu lintas pada masa angkutan Lebaran.

Kendaraan pengangkut yang dilarang beroperasi selama musim mudik dan balik, menurut ketentuan yaitu kendaraan bahan bangunan, hasil tambang non-bahan bakar, truk tempelan, truk gandengan, kontainer, kendaraan barang maksimal 14 ton dan pengangkut barang dengan sumbu tiga atau lebih.

Dalam pelaksanaannya, pihaknya telah menerapkan razia dijalan lintas sumatera kabupaten way kanan kepada pengemudi kendaraan tujuannya jangan sampai ada truk yang lewat kemudian terkesan kita membiarkan,” Tegasnya

himbau kepengemudi ran truck H-4 tidak beroperasi 1

Sementara itu, sesuai dengan surat edaran kementarian perhubungan tersebut hari ini ada beberapa kendaraan dump truck mengangkut batubara masih ada yang bandel maka diberikan tindakan dan sanksi sesuai UU nomor 22 tahun 2019 tentang lalulintas dan angkutan jalan, operasi ini dilakukan agar masyarakat merasa aman ketika hendak mudik.” ujar AKBP Buas.

Penulis : Adi Pranoto.w

Editor   : Umi Fadilah

Publish : Otoadi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password