Polda Bali Terapkan Merit System Berbasis Kualifikasi, Kompetensi dan Kinerja

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Bali menggelar uji kompetensi bidang tekhnis sebagai tahapan akhir dalam promosi terbuka jabatan Kapolsek Urban dan Rural di Lingkungn Polda Bali TA 2017, bertempat di Ruang Rapat Biro SDM Polda Bali, Selasa (20/6). Pelaksanaan uji kompetensi bidang tekhnis merupakan wujud nyata implementasi merit system sebagaimana commander wish Kapolda Bali dibidang pembinaan karier personel.

WhatsApp Image 2017-06-21 at 04.13.35Para peserta uji kompetensi bidang tekhnis adalah para perwira yang sudah dinyatakan memenuhi syarat atau lulus dalam uji kompetensi dengan menggunakan metode Assessment Center. Pada kegiatan ini, para peserta diwajibkan untuk membuat karya tulis yang memuat permasalahan dan upaya yang dapat dilaksanakan serta terobosan kreatif yang dapat ditawarkan apabila peserta menduduki jabatan Kapolsek.

Kabag Binkar Biro SDM Polda Bali AKBP M. Samsu Arifin, S.I.K., M.H. mengatakan, ujian kemampuan bidang tekhnis kepolisian sangat penting, karena peserta diuji kemampuannya untuk memetakan dan melakukan health audit organization dengan mengambil contoh salah satu Polsek yang ada di wilayah hukum Polda Bali. Para peserta menyampaikan ide atau upaya yang dapat dilaksanakan serta menawarkan terobosan kreatifnya.

Mengingat dewasa ini, pelayanan kepolisian menjadi sorotan sehingga sangat penting untuk melakukan optimalisasi pelayanan melalui terobosan-terobosan kreatif. “Terobosan kreatif yang disampaikan hrus tetap pada koridor tugas pokok dan fungsi Polri sebagai penegak hukum, pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat,” ujarnya.

Bertindak sebagai Ketua Tim Penguji adalah Kabid Propam Poda Bali Kombes Pol. Benny Arjanto, S.I.K. dengan anggota Tim Penguji antara lain, Wadirintelkam Polda Bali, Kapolres Karangasem, Kapolres Klungkung dan Kasubdit II Ditresnarkoba Polda Bali. Sebanyak 12 peserta menyampaikan paparannya di depan tim penguji.

Sesuai jadwal, uji kompetensi bidang tekhnis akan dilaksanakan selama 2 hari yaitu dari tanggal 20 sampai dengan 21 Juni 2017. Untuk tanggal 20 Juni dilakukan uji kompetensi bidang tekhnis bagi peserta yang mengikuti promosi terbuka jabatan Kapolsek Urban. Sedangkan pada tanggal 21 Juni dilaksanakan kegiatan yang sama namun untuk peserta yang mengikuti promosi terbuka untuk jabatan Kapolsek Rural.

“Promosi terbuka bersifat kompetitif untuk pemetaan personel sebagai salah satu bahan masukan kepada pimpinan khususnya dalam pembinaan karier personel di lingkungan Polda Bali dengan membangun postur personel yang profesional, modern dan terpercaya,” ucap Kabag Binkar Biro SDM Polda Bali AKBP M. Samsu Arifin, S.I.K., M.H., Rabu (21/6).

Penulis  : I Made Suarmada

Editor    : Umi Fadilah

Publish  : I Putu Adnyana

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password