Pemudik Rasakan Manfaat Dibukanya Ruas Tol Fungsional Brebes-Batang

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jateng, Di bukanya jalan tol fungsional untuk di lalui arus mudik sangat membantu sekali karena dibanding  dari tahun kemarin sangat macet sekali, dengan adanya jalan tol sementara lancar,” ujar Amir Tohar yang akan mudik Ke Salatiga saat di temui di reast area Desa Juragan Kecamatan Kandeman Batang Selasa (20/6)

Ia juga hanya mengeluhkan kurangnya reast area sehingga kalau mau istirahat kurang terlalu jauh, kami juga memaklumi rest area yang ada di jalan tol fungsional karena bersifat sementara jadi sudah cukup bagus.

“Untuk fasilitas rest area sudah cukuplah walau bersifat sementara kita juga bisa sempat istirahat tidur, kami juga merasakan terbantu dengan petugas keamanan di lapangan yang sudah mengarahkan sehingga kita tidak kesulitan,” jelas  Amir Tohar yang bersama rombongannya

Selain Rest area Ia juga meminta kepada pemudik untuk dalam berkendara untuk tidak terlalu cepat dan harus berhati – hati, karena selain jalanya berdebu tentu  akan menganggu jarak pandang serta jalanya yang cukup berkelok dan berbahaya kalau terlalu cepat berkendara.

Disampaikan juga oleh Efelin di tempat yang sama yang merasa sudah terbantu dengan fungsionalnya jalan tol walau berdebu banget namun sudah menghemat waktu banyak banget, kalau di bandingkan  lewat jalan pantura.

“Untuk jalanya masih berdebu dan tidak terlalu rapi banget tapi sudah ok menghemat waktu banyak banget, cuman jalanya bergelombang dan berbahaya sehingga kami berharap kepada pemudik lain untuk tidak usah terlalu ngebut,” terangnya Efelin yang mau mudik ke Surabaya.

Efelin juga berharap kepada pemudik lain untuk tidak melalui jalan tol fungsional di malam hari karena siang aja bahaya kalau kita tidak hati – hatai apalagi kalau malam hari sangat bahaya, “ bahanya tidak ada lampu atau penerangan lainya dan jalanya masih bergelombang dan berdebu,” pinta efelin kepada pemudik lain.

Senada Diniatun dari jakarta hendak mudik ke Madiun Jawa Timur mengatakan sangat terbantu dengan adanya jalan tol fungsional ini. “ Jika melewati jalan tol sementara ini waktu tempuh lebih cepat dibanding lewat  pantura  meski berdebu,” jelasnya.

Namun ia mengeluhkan tentang pom bensin portable yang mengantri lama.”Sangat disayangkan karena alat untuk memindahkan bbm dari drum Cuma satu jadi ya lama,” katanya.

Dia juga mengapresiasi kerja petugas keamanan yang melaksanakan pengamanan. “ Sudah bagus dibeberapa titik persimpangan jalan atau rest area dijaga petugas dari kepolisian , TNI, Dishub dan petugas lainya. Mereka siap sedia membantu pemudik agar arus mudik lancar, aman dan nyaman,” ungkapnya.

“Saya berharap semoga lebaran tahun kedepan lebih baik lagi,”imbuhnya.

Sementara Kaur Mitra Subdit Humas Polda Jawa Tengah Kompol FDH Priyono Teguh Widiatmoko saat di temui di rest area Desa juragan Kandeman Batang mengatakan, “Ruas tol ini memang belum operasional tapi masih fungsional sehingga masih banyak kekurangan, namun demikian kami tetap akan sampaikan kepada instansi terkait yang domainya di sana apa yang perlu di benahi dan di perbaiki,” Kata kompol FDH Priyono Teguh Widiatmoko yang di dampingi Kasubag humas Polres  Batang AKP Warsito.

Namun begitu sebagai petugas keamanan kita tetap memberikan pelayanan terbaik bagi pemudik baik yang lewat ruas tol fungsional maupun lewat jalan pantura, untuk memberikan pelayanan keamanan kita utamakan sehingga pemudik merasa nyaman, aman dan sampai dengan tujuanya.

“Fungsi kita sebagi petugas memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana mengamankan jalur sehingga pemudik bisa lancar nyaman, aman selamat sampai tujuan,” jelasnya.

Di sampaikan juga oleh Kaur Mitra Subdit Humas Polda Jawa Tengah Kompol FDH Priyono Teguh Widiatmoko yang mengatakan,“ dari hasil  pemantauan jalur tol pemudik belum ada permasalahan yaang berarti, hanya saja faktor bahan bakar minyak saja, tapi sudah di antisipasi di pos – pos rest area dari pertamina yang menjual BBM hal ini sangat membantu sekali,” bebernya.

Di jelaskan juga ruas jalan tol hanya bisa dilalui sampai sore hari saja karena belum adnya penerangan jalan yang mencukupi sehingga aspek keamanan di dapat, tapi kalau di rasa perlu di perpanjang sampai malam tentunya instansi terkait harus memfasilitasi memberikan bantuan tambahan penerangan dan keamanan yang utama.

“ Petugas sudah siap di siagakan dan di perbanyak lagi jikalau memang harus di perpajang penggunaan ruas jalan tol hingga malam hari dan memberikan peringatan kepada pemudik untuk berhati – hati sekali,” tandasnya.

Penulis : Joni Res Batang

Editor : Umi Fadilah

Publish : Wagiman Polda Jateng

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password