Polisi Amankan Ratusan Reptil di Lindungi dari Tangan Penyelundup Nakal

tribratanews.polri.go.id – Polres Pelabuhan Tanjung Priok |

Polres Pelabuhan Tanjung Priok melaksanakan Press Release pengungkapan tindak pidana peristiwa penyelundupan satwa yang dilindungi yang bertempat di depan halaman mako polres pelabuhan tanjung priok.

Dari tangan para tersangka ini, sat reskrim menyita ratusan hewan reptil seperti 89 ekor ular Monotanah, 96 ekor ular monopohon baby,ular sanca patola 5 ekor 1 ekor ular Monopohon, 10 ekor ular Patola, 1 ekor ular Monotanah, 5 ekor ular Albertisigold, 1 ekor ular Albertisiblack, 29 ekor ular Green Tripyton, 1 ekor ular Phyton Olive, dan 1 ekor ular Brontri serta adapun jenis reptil lain selain ular yaitu Biawak papua sebanyak 2 ekor, Kadal Hijau prasisensus 1 ekor, Kadal duri 33 ekor, kadal Panana Sulawesi 9 ekor.

hg

Dalam Kasus yang di sedang di tangani ini, Kami Polres Tanjung Priok bersama Balai Konservasi Hewan menangkap dua tersangka dalam peristiwa terpisah. Tersangka pertama JS (30) yang turun di Priok dari Solo dan tersangka kedua IR (27) yang asal pelayaran Makassar,”,Ucap Kapolres AKBP Roberthus Yohanes De Deo,Selasa (20/6/2017).

Adapun rencana menurut keterangan para tersangka, mereka akan menjual dan memperdagangkan semua reptil yang di dapat lewat komunitas satwa.

AKBP Roberthus Yohanes De Deo mengatakan”Mereka mengaku, reptil yang di dapat hendak diperdagangkan lewat komunitas, dan tak ada satu pun hewan yang berdokumen resmi”.

Akibat perbuatan ini, JS dan IR dijerat Pasal  40 (2) UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam (KSDA) dengan hukuman penjara maksimal 5 tahun, denda maksimal Rp 100 juta dan atau UU Nomor 16 Tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Tumbuhan, dan Ikan.

Kapolres juga menjelaskan”Barang siapa yang membawa atau mengirim hewan karantina tanpa dilengkapi sertifikat kesehatan dari area asal, maka yang bersangkutan akan dipidana penjara maksimal 3 tahun dan denda maksimal Rp 150 juta”.

Humas Polres Pelabuhan Tanjung Priok.

Penulis  : Harun4238

Editor    : Umi Fadillah

Publish  : Harun4238

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password