SOSOK AIPTU TURIADI : Latih dan Berdayakan Masyarakat Bertani

whatsapp-image-2017-01-09-at-12-30-52

Polda Sumut – Sosok Polisi Aiptu Turiadi yang bertugas di Polres Binjai Polda Sumatera Utara dapat dijadikan sumber inspirasi bagi anggota Polri yang lain. Aiptu Turiadi selama kurang lebih 10 tahun bertugas di Polres Binjai memberdayakan masyarakat disekitar tempat tinggalnya untuk memberikan pelatihan dan sosialiasasi bertani.

Terbukti hasil panen yang diperoleh dari hasil swadaya Aiptu Turiadi dan masyarakat sekitar mengolah lahan pertanian tersebut berhasil memberikan panen berlimpah. Bahkan sering menjadi bahan studi lapangan bagi fakultas pertanian di universitas dalam dan luar negeri.

“Beberapa hasil panen yang dihasilkan antara lain tanaman cabe, ubi, terong, jagung, mentimun, lemon dan beberapa tanaman lainnya.” Ujar Aiptu Turiadi ketika diwawancarai.

Menurut Aiptu Turiadi, kegiatan tersebut tidak melulu hanya mengejar hasil panen. Tetapi untuk menunjukkan bahwa Polisi juga mampu memberikan contoh kepada masyarakat sekaligus memberdayakan masyarakat sekitar sehingga menghasilkan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar.

“Sebagai insan manusia yang hidup berakhlak dan beriman, haruslah dapat berguna bagi siapa saja.” Tuturnya.

Sementara Kepala Dusun tempat tinggal Aiptu Turiadi, Rusdianto, memberikan kesaksian tentang kegiatan beliau yang walaupun seorang Polisi aktif namun mau terjun bertani di tengah tengah masyarakat desa.

“Beliau sering berbaur dengan masyarakat tempat tinggalnya. Sering memberikan nasehat dan arahan untuk menjauhi narkoba ketika singga di kedai kedai kopi di tempat kami.” katanya.

Aiptu Turiadi juga membuat slogan yang mengena dan cukup unik kepada masyarakat sekitar.

Slogan “Daripada Nyabu Lebih Baik Nyabe” cukup menarik perhatian masyarakat untuk mengikuti arahan dan kegiatan yang beliau lakukan.

Kapolres Binjai sendiri, AKBP Rendra Salipu, sangat mengapresiasi tindakan yang dilakukan Aiptu Turiadi dalam memberdayakan masyarakat disekitar tempat tinggalnya.

“Saya memuji Aiptu Turiadi yang begitu luar biasa mampu memerankan dirinya membina masyarakat disekitar tempat tinggalnya sehingga dapat membawa keuntungan ekonomi bagi masyarakat sekitar.”ujar Kapolres Binjai.

Aiptu Turiadi berugas di satuan kerja Polres Binjai bagian sarpras yang mengurusi pembagian Bahan Bakar Minyak bagi kendaraan dinas Polres. Aiptu Turiadi memiliki seorang istri dan 3 orang anak yang terdiri dari 2 putri dan satu putra. [rs]

whatsapp-image-2017-01-09-at-12-30-39 turiadi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password