Antisipasi Arus mudik dan Balik Lebaran, Polres Banyumas Siapkan Tim Urai Kemacetan

Tribratanews.polri.go.id, Polres Banyumas – Polres Banyumas Polda Jawa Tengah menerjunkan puluhan Tim urai kemacetan yang disiagakan oleh Sat lantas dan Sat Sabhara Polres Banyumas, yang siap untuk mengantisipasi situasi arus lalu lintas ketika mengalami kemacetan diwilayah Kab. Banyumas.

Penerjunan tim pengurai kemacetan bertugas mengatasi pemicu masalah lalu lintas di lokasi yang sulit dijangkau mobil patroli. Berbekal sepeda motor, personelnya mengurai kemacetan di pasar tumpah, tempat kejadian peristiwa (TKP) kecelakaan lalu lintas dan persimpangan padat kendaraan bermotor.

Kapolres Banyumas AKBP Azis Andriansyah SH, S.Ik, M.Hum, mengatakan mobilitas tim urai cukup berhasil mempercepat penanganan kemacetan di lokasi dengan mengurai akar masalah yang terjadi di jalur arus mudik maupun arus balik lebaran. “Mereka mengendarai  motor menuju lokasi penyebab kemacetan. Bisa saja kemacetan di ruas jalan tertentu ternyata dipicu sesuatu hal di ruas lain, ini yang menjadi tugas tim urai, mengurai akar masalahnya,” kata Kapolres Banyumas kepada awak media usai peragaan Tim urai saat Apel Gelar Operasi Ramadniya 2017, Senin (19/6/17).

Jika penyebabnya pasar tumpah, kata Kapolres, maka tim bersama perangkat pemerintah setempat akan menertibkannya dari aktivitas mengganggu kelancaran arus lalu lintas. Opsi buka tutup jalan akan diambil saat ruas jalan pasca kecelakaan disterilisasi dari lalu lalang kendaraan.

“Selama ini penanganan kemacetan pada saat arus mudik dan arus balik dilakukan pada titik yang macet, dengan mengatur lalu lintas. Kalau penanganan bukan pada akar masalahnya, tentu kemacetan enggak akan segera terurai,  tapi dengan mengurai pada akar masalahnya, diharapkan penyelesaian masalah bisa lebih cepat,”pungkas Kapolres.

Penulis : Sukiyah
Editor : Umi Fadilah
Publish : Frismi Zusyi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password