Cybertroops Polres Lamongan Tangani Hate Speech di Media Sosial

Tribratanews.polri.go.id – Polres Lamongan. Tim Cyber Troops Polres Lamongan menemukan postingan Ujaran Kebencian atau Hate Speech di Medsos Facebook yang ditujukan ke Satuan Lalulintas Polres Lamongan yakni ke Unit Laka Lantas. Minggu (18/6/2017)

IMG_20170619_233755Berdasarkan temuan tersebut Tim Cyber Troops Polres Lamongan mencoba mengklarifikasi dan memberikan penjelasan perlahan kepada masyarakat dan akhirnya masyarakat sangat ingin mengetahui yang sebenarnya terjadi.

Seperti yang diketahui kemarin sore, Minggu (18/6/2017) DS mengirim 2 (dua) status di grup Seputar Lamongan Megilan yang isinya ” Mengapa Di Polres Lamongan Khusus Lakalantas ada oknum minta uang perasan 15jt apa kata Jokowi kurang keras Polisi Tanpa Pungli ” lalu 1 (satu) menit kemudian DS memposting kembali tulisan berisi “Pamanku diperas 15jt dikasih 10jt ga mau sama Polisi bagian Lakalantas Polres Lamongan, tolong wartawan merapat cek pungli berantas polisi polisi bajingan puasa puasa malak ” melihat postingan seperti itu Tim Cyber Troops Polres Lamongan tidak tinggal diam, langsung mengklarifikasi hal tersebut dengan menghubungi Kasatlantas AKP Bayu Prasatyo S.H., S.I.K.

Kasatlantas Polres Lamongan langsung memerintahkan anggotanya untuk cek kebenaran dilapangan. Dan Tim Cyber Troops Polres Lamongan terus mencari informasi ke Kanit Laka Iptu Hengki beserta seluruh anggota laka bahkan dari polsek tempat kejadian laka tersebut yaitu Polsek Babat ikut diklarifikasi dan kejadian tersebut tidak benar.

IMG_20170619_233815Semua ditelusuri mulai dari Akun Facebook Dar Gombes milik DS hingga Kepala Desa berhasil dihubungi, tak selang beberapa waktu status tersebut dihapus dan pelaku kembali menulis status yang isinya ” Tolong statusku tadi dihapus sebab berita tadi bohong, kepada semua bapak polisi aku minta maaf yg sebesar besarnya pak admin tlg dhpus” dengan status tersebut berdampak negatif karena masyarakat mengira ada paksaan dan ancaman dari pihak kepolisian terhadap DS.

Lalu Tim Cyber Troops Polres Lamongan mengundang DS ke Polres Lamongan untuk mengklarifikasi langsung dan mendengarkan penjelasan dari pihak kepolisian

Baca juga: Gara-gara Posting di Facebook, Warga Padang Panjang Dicokok Cyber Crime Polri

Senin sore, (19/06) pelaku Hate Speech berinisial DS ditemui salah satu tim cyber Troops Polres Lamongan di ruang Min Ops Laka lantas, disitu DS sedang duduk bersama Kanit Laka Iptu Henky Yuwana, Kasubnit 3 Unit Laka Aiptu Sukir dan Anggota Laka Bripka Yerry Wahyu yang kebetulan memang menangani kecelakaan yang dimaksud oleh DS.

Baca juga : Mabes Polri Tangkap Tersangka Ujaran Kebencian atau Hate Speech

Menurut pengakuan DS, awalnya mendapat informasi bahwa Pamannya kecelakaan dan diminta uang 15jt dari situ DS lalu membuat postingan tersebut tanpa menanyakan kronologi dan kejadian sebenarnya kepada Pamannya atau pihak kepolisian.

IMG_20170619_222150Pelaku DS hanya dimintai keterangan dan membuat surat pernyataan diatas materai agar tidak mengulangi perbuatan yang tidak terpuji tersebut.

Baca Juga: Sebarkan “Hate Speech” di Medsos, Pemuda Ini Ditangkap Polisi

Kasatlantas Polres Lamongan melalui Kanit Laka Ipda Henky Yuwana membenarkan kejadian tersebut “sore tadi sudah diselesaikan secara damai serta kekeluargaan” tutur Ipda Hengky.

Penulis : Radith
Editor : Umi Fadilah
Publis : Hendra/Veri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password