Wujudkan Toleransi Beragama, Brimob Siap Amankan Tempat Ibadah Selama Ramadhan

Tribratanews.polri.go.id – Polda Kepri , Bulan Ramadhan bagi umat Islam merupakan bulan penuh hikmah, berkah dan ampunan. Sejalan dengan itu bulan Ramadhan ini juga membawa berkah tersendiri dengan adanya rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Jajaran Polda Kepri selama bulan Ramadhan diantaranya safari Ramadhan, pembagian takjil gratis, pasar murah dan lainnya. Maka dari itu munculnya tempat – tempat keramaian ini secara otomatis akan menambah pula potensi gangguan keamanan yang mungkin muncul,  tidak terkecuali ancaman teror.

Untuk melakukan deteksi dini pencegahan terhadap aksi teror pada bulan Ramadhan di Provinsi Kepulauan Riau khususnya Kota Batam, Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kepulauan Riau yang terdiri dari unit patmor UKL (Unit Kerja Lengkap) melaksanakan kegiatan Patroli ke tempat-tempat Ibadah dan pusat keramaian yang ada di Wilayah Batam.

Toleransi kerap dimaknai sebagai saling menghormati dan menghargai atas perbedaan yang ada di antara umat manusia. Pada bulan Ramdhan kali ini semua kegiatan difokus pada nuansa Ramadhan terlebih lagi pengaman tempat ibadah umat muslim yang sebulan penuh melaksanakan ibadah sholat tarawih. hal itu tentu saja tidak menghilangkan sikap toleransi Sat Brimob Polda Kepri ini untuk tetap melaksanakan pengaman tempat Ibadah umat lain karna setiap ancaman bisa saja terjadi dimanapun.

Selain melaksanakan patroli rutin selama bulan Ramadhan, Satbrimob Polda Kepri tersebut juga mengadakan program safari tarawih keliling di beberapa Masjid.Kegiatan safari tarawih keliling Satbrimob Polda Kepri yang dipimpin oleh Kasat Brimob Kombes Pol Tory Kristianto S.I.K ini telah dilaksanakan sejak awal memasuki bulan suci ramadhan  (26/6/2017) di dengan melibatkan sebanyak 17 personel dan akan dilaksanakan setiap harinya sampai malam terakhir di bulan Ramadhan.

Dengan adanya Safari Tarawih keliling ini Kasat Brimob Polda Kepri Kombes Tory Kristianto menuturkan kegiatan tarling tersebut dilaksanakan sebagai silaturahmi bersama masyarakat. Selain bersilaturahmi  kegiatan tarawih keliling ini juga merupakan salah satu bentuk upaya aktif dalam menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif selama bulan Ramadhan dengan berada langsung di tengah tengah masyarakat sembari beribadah dan sekaligus diharapkan dapat mengajak masyarakat maupun personel dari Satbrimob Polda Kepri khususnya yang beragama muslim untuk dapat memaksimalkan Ibadah di bulan suci Ramadhan ini.

8

Selain dari tarawih keliling personel Satbrimob Polda Kepri juga melaksanakan tadarus al quran setiap harinya di musholla Al-Munthaha Satbrimob Polda Kepri.

Tidak hanya itu sikap toleransi kerap dimaknai oleh Jajaran Satbrimob Polda Kepri sebagai rasa saling menghormati dan menghargai atas perbedaan yang ada di antara umat manusia. “Saling” artinya harus dilakukan oleh kedua belah pihak. Yang mana kita dapat saling berbagi pada seluruh umat beragama.

Penulis   : Yolan

Editor     : Umi Fadilah

Publish   : Firman

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password