Bekuk Pelajar Edarkan Uang Palsu

Tribratanews.polri.go.id – Polres Kediri Kota,

Berhati-hatilah saat bertransaksi jual beli dengan orang yang baru dikenal. Bisa-bisa bukannya untung yang didapat tetapi malah rugi. Karena uang yang diterima ternyata uang palsu.

Seperti dialami Risza Ervianto, 20, mahasiswa asal Desa Nyawangan, Kecamatan Kras yang berniat menjual ponselnya. Tak disangka, si pembeli, MM, 16 yang masih pelajar asal Kecamatan Kandat ini justru membayar dengan uang palsu. Tak tanggung-tanggung, nilainya jutaan.

peredaran uang palsu senilai Rp 1,4 juta ini bermula pada Rabu (4/1) sekitar pukul 06.00 saat Risza hendak menjual ponsel merek Oppo Neo 7 miliknya. Kemudian dia posting di group jual beli yang ada di facebook. Kemudian sekitar pukul 10.00, MM yang mengetahui iklan bahwa ponsel Risza dijual lalu langsung menghubunginya lewat Whatsapp.

Saat itu, terjadilah tawar menawar harga HP dan disepakati harganya Rp 1,4 juta. “Kemudian keduanya merencanakan ketemuan di sekitar taman Ngronggo,” terang Kasubbag Humas Polres Kediri Kota.

Setelah janjian, akhirnya sekitar pukul 18.30 keduanya bertemu di tempat yang disepakati dan langsung terjadilah transaksi jual beli ponsel tersebut. Saat uang senilai Rp1,4 juta diterima Risza, dia curiga dengan 14 lembar uang pecahan Rp 100 ribu yang diterimanya.

Pasalnya, saat dipegang, rasanya berbeda dengan uang Rp 100 ribu seperti biasanya. Teman Risza yang menemaninya, Wiji Wahyu Lestari, 20, mahasiswa asal Desa Jambean, Kecamatan Kras meminta MM untuk membuktikan uang tersebut memang uang asli. “Sempat oleh teman korban diajak ke Indomart untuk membuktikan keaslian uang tersebut, namun pelaku menolak,” ungkap polisi berpangkat balok tiga di pundaknya.

Merasa curiga dengan uang yang disodorkan oleh MM tersebut, akhirnya Risza membatalkan transaksi dan menyerahkan uang tersebut ke MM. Tak hanya itu, Risza kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Mapolres Kediri Kota.

Mendapat laporan, petugas langsung bergerak menangkap MM. Berbekal alamat dan nomer telpon milik MM, keberadaan Risza pun berhasil ditemukan.

Hingga akhirnya, Kamis malam (5/1) MM ditangkap polisi di rumahnyan beserta sejumlah barang bukti uang palsu. Hingga kemarin siang MM masih diperiksa di ruangan reserse kriminal (reskrim) Polres Kediri Kota. “Kasus ini masih terus kami dalami,” tegas Anwar- DIDIK (Res Kdr Kota)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password