Operasi Ramadniya Krakatau 2017, Kapolres Lampung Barat Pimpin Apel Gelar Pasukan

Tribratanews.polri.go.id – Polda Lampung / Polres Lampung Barat. Ratusan Personil yang terdiri dari Polisi, TNI, Dinas Perhubungan, dan Instansi terkait dalam acara Apel Gelar Pasukan Operasi Ramadniya Krakatau 2017 pada Senin 19/6/2017 Pukul 08.00 Wib.

Kegiatan diawali dengan penghormatan kepada pemimpin Apel, dilanjutkan dengan pemeriksaan terhadap para anggota Apel oleh pemimpin Apel dari Pasukan Korsik hingga ke pasukan Dinas Perhubungan. Nampak para pasukan yang tergabung dalam operasi Ramadniya berbaris rapi dengan atribut lengkap dalam pemeriksaan tersebut.

IMG_0004Kegiatan dilanjutkan penyematan pita berwarna putih biru di pundak sebelah kiri kepada perwakilan pasukan oleh Kapolres Lampung Barat sebagai tanda dimulainya Operasi Ramadniya 2017

Dalam Apel, Kapolres membacakan amanat Kapolri yakni, Apel gelar pasukan ini merupakan wujud kesiapan polri dalam menghadapi kegiatan pengamanan hari raya idul fitri 1438 H, serta sebagai sarana untuk konsolidasi dan pengecekan personel beserta kelengkapan sarpras, sebelum menghadapi tugas pengamanan di lapangan.

Kegiatan pengamanan tahun ini, ada 3 (tiga) point utama yakni, terjaganya stabilitas harga pangan, kondisi kamtibmas yang kondusif, dan keamanan, kelancaran serta kenyamanan arus mudik dan arus balik.

Dalam mewujudkan stabilitas harga pangan, polri telah membentuk satgas pangan untuk memantau dan menjaga harga  pangan agar tetap stabil. Upaya tersebut diwujudkan melalui kerjasama dengan kementerian / lembaga terkait serta penegakan hukum yang tegas terhadap para pelaku penimbunan, pengoplosan, pemalsuan, maupun tindak pidana dan pelanggaran lainnya terkait pangan.

IMG_9935Sedangkan untuk menjaga kondisi kamtibmas yang aman dan kondusif, saya mengingatkan kepada seluruh kasatwil untuk mampu menekan angka kejahatan konvensional, seperti curat, curas, curanmor, copet, bius, hipnotis, dan pencurian rumah kosong melalui peningkatan kegiatan pre-emtif, preventif dan represif.

Di samping itu, untuk seluruh jajaran, terus tingkatkan kegiatan sambang dan patroli di titik-titik rawan gangguan kamtibmas, seperti terminal, pelabuhan, pemukiman yang ditinggal oleh pemilik, pusat perbelanjaan, bank dan atm, serta tempat – tempat wisata yang ramai dikunjungi saat perayaan idul fitri.

Berkaitan dengan kelancaran arus lalu lintas, saya menekankan agar seluruh personel bisa memberikan pelayanan secara all out. Berikan atensi penuh pada titik rawan laka dan rawan macet yang ada, terutama pada puncak arus mudik yakni h-2 Idul Fitri dan puncak arus balik pada h+5 Idul Fitri.

Operasi terpusat Ramadniya tahun 2017 akan dilaksanakan selama 16 (enam belas) hari dengan melibatkan total 187.012 personel dari kepolisian serta dibantu stakeholders terkait, mulai dari k/l, unsur tni, hingga jajaran pemda.

IMG_9963Untuk itu, pada kesempatan ini saya tekankan kepada seluruh jajaran untuk  bekerja secara optimal. Fokus utama dalam menjaga kestabilan harga pangan, pemeliharaan kamtibmas yang kondusif, serta keamanan dan kelancaran arus mudik dan arus balik dapat dilakuan secara berimbang.

Ciptakan harmonisasi secara sinergi diantara seluruh stakeholders yang terkait, sehingga pelaksanaan pengamanan hari raya idul fitri 1438 h, dapat berjalan dengan lebih baik, aman, tertib dan lancar dibandingkan  tahun sebelumnya.

Seluruh jajaran hendaknya dapat bekerja dengan tulus dan ikhlas, terlebih awal operasi ini akan kita laksanakan dalam suasana bulan suci ramadhan. Semoga hal ini dapat menjadi ladang ibadah dan berkah pahala bagi kita.

Penulis         : Edi Susanto

Editor           : Umi Fadilah

Publish         : Edi Susanto

Admin Polri55935 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password