Beri Fasilitas Wifi Gratis, Polsek Pugaan Selalu Ramai Didatangi Warga

Tribratanews.polri.go.id, Polres Tabalong – Berada di wilayah terujung Tabalong yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), jaringan internet menjadi masalah tersendiri bagi masyarakat Kecamatan Pugaan.

Padahal, kini perkembangan teknologi komunikasi berkembang pesat. Telepon gengam pun rata-rata mengandalkan jaringan internet untuk operasional aplikasinya.

Berawal dari persoalan inilah, Polsek Pugaan membangun fasilitas internet yang bisa digunakan masyarakat umum secara gratis. Fasilitas itu dinamai Rumah Wifi Kemitraan Endra Dharmalaksana, nama dari alumni Akpol 99.

Rumah wifi kemitraan yang dibangun di samping mapolsek ini bisa berdiri dengan menggandeng perusahaan telekomunikasi dan juga perusahaan lainnya.

Semenjak rumah wifi berukuran 2×10 meter tanpa dinding ini diresmikan Kapolres Tabalong AKBP Hardiono 18 Mei 2017 lalu, Polsek Pugaan pun selalu ramai oleh warga.

Terlebih saat Ramadan seperti sekarang. Tak hanya siang hari, hingga larut malam pun masih ada warga yang memanfaatkan koneksi internet dari rumah wifi.

Mereka tidak hanya berada di rumah wifi, di antaranya ada juga yang memanfaatkan pekarangan polsek untuk sekadar main game atau mengerjakan tugas.

Ini karena selain anak-anak, banyak juga para pelajar baik SMP dan SMA, mahasiswa serta guru yang memanfaatkannya untuk mengerjakan tugas-tugas mereka.

“Saya sama teman-teman sudah sering ke sini, sudah beberapa minggu ini,” kata salah seorang pengguna, Muhamad.

Menurutnya, kedatangannya menggunakan akses internet di rumah wifi untuk mengerjakan tugas sekolah dan juga keperluan lainnya.

Pelajar ini pun merasa sangat terbantu dengan akses internet gratis dari rumah wifi karena tidak lagi kesulitan menggunakan jaringan internet.

“Kalau pakai kartu jaringannya lelet, di polsek sangat lancar. Selain itu dengan adanya rumah wifi membuat kita bisa berbaur di polsek,” katanya lagi.

Sementara, menurut Kapolsek Pugaan, Ipda Sutargo, sebelum rumah wifi dibangun masyarakat sudah sering ke polsek untuk memanfaatkan wifi polsek.

“Ini karena jaringan internet di wilayah Pugaan memang sangat susah,” katanya.

Beranjak dari kondisi itulah makanya ada inisiatif untuk bisa menyediakan fasilitas internet gratis bagi masyarakat dengan bentuk sebuah rumah wifi.

Dimana rumah wifi ini merupakan arahan kapolres yang memberikan solusi agar pembuatan laporan yang dibuat Polsek Pugaan tidak terkendala akibat susahnya koneksi internet.

“Pada awalnya kami hanya buat gagasan supaya polsek tidak ada kendala diinternet supaya laporan bisa lancar. Setelah minta petunjuk dan arahan bapak kapolres ternyata beliau punya ide bangun rumah wifi,” ungkapnya.

Sejak saat itulah, imbuhnya, dengan dukungan dari Telkom dan Pertamina, rumah wifi bisa terbangun dan bisa dinikmati masyarakat umum secara cuma-cuma.

Masyarakat yang datang pun hampir setiap harinya selalu bertambah, terlebih saat Ramadan seperti sekarang ini.

Sehingga bila sebelumnya rumah wifi hanya bisa dimanfaatkan sore hari, maka selama Ramadan rumah wifi sudah bisa digunakan pagi, sore dan malam hari.

Untuk pagi hari rumah wifi bisa dimanfaatkan mulai pukul 07.00 hingga 09.00 wita, sore mulai pukul 14.00 sampai 18.00 wita dan malam hari dari pukul 21.00 hingga 24.00 Wita.

Terpisah Kapolres Tabalong AKBP Hardiono, menyampaikan, rumah wifi ini merupakan satu terobosan yang dibangun untuk bantu masyarakat menggunakan jaringan internet.

“Empat bulan lalu waktu ke sini saya lihat banyak yang susah dapat akses internet. Alhamdulilah rumah wifi bisa diwujudkan di polsek kita yang merupakan paling ujung di Tabalong ini,” katanya.

Selain bisa membantu para pelajar, rumah wifi ini juga bisa membantu masyarakat lainnya dan sebagai wujud kemitraan yang dilakukan pihaknya.

Kemudian ini juga bisa mendukung penerapan aplikasi layanan online SIBALONG (Sistem Informasi Bhayangkara Tabalong) yang sudah dibuat Polres Tabalong.

“Intinya kami selalu ingin bermitra dengan masyarakat, semoga melalui media rumah wifi ini bisa terus tingkatkkan jalinan silaturahmi kepada warga kita yang ada di Pugaan,” pungkasnya.

Publish : Donny

Editor   : Umi Fadilah

Sumber : Banjarmasin Tribunnews

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password