Sebelas Peserta Mewakili Polda Papua pada Seleksi Tingkat Pusat Penerimaan Taruna Akpol

Tribratanews.polri.go.id Polda Papua, Jayapura – Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar, MH yang didampingi Wakapolda Papua Brigjen Pol Drs. Agus Rianto dan Karo SDM Kombes Pol Ida Bagus KD Putra N, SIK, M.Si memimpin Sidang Terbuka dan Penetapan Kelulusan Tingkat Daerah Penerimaan Catar Akpol Ta. 2017 di aula Rupatama Mapolda Papua, Sabtu (17/06/2017).

Kegiatan yang ini dihadiri juga oleh Katim Pengawasan Internal dan Eksternal, Katim Rekkes, Katim Psikologi, Katim Akademik, Katim PMK dan Katim Dokumentasi serta selutuh Tim sekertariat Penerimaan anggota Polri Terpadu Panda Papua TA. 2017.

Dalam sidang terbuka tersebut, Kapolda penyampaikan kepada keseluruh peserta bahwa dalam setiap penerimaan anggota Polri, panitia selalu berusaha untuk meningkatkan hasil seleksi melalui berbagai prinsip, seperti “BETAH, BOTAK, dan anti K3N”.

“Dimana Betah merupakan singkatan dari bersih, transparan, akuntabel, dan humanis, kemudian Botak merupakan singkatan dari, bersih, obyektif, transparan, akuntabel dan kualitas baik, sedangkan Anti K3N kepanjangan dari Anti Korupsi, Kolusi, Konspirasi dan Nepotisme,” jelas Kapolda.

Lebih lanjut Kapolda mengakatakan, prinsip-prinsip dalam penerimaan tersebut bukanlah dimaksudkan hanya sebagai jargon yang retoris semata, tetapi sebagai suatu prinsip yang wajib diimplementasikan agar seleksi tidak hanya mampu menghasilkan sejumlah peserta yang dinyatakan lulus.

Sebelas Peserta Mewakili Polda Papua pada Seleksi Tingkat Pusat Penerimaan Taruna Akpol-

“Tetapi lebih dari pada itu, yaitu mampu menghasilkan sejumlah peserta yang dinyatakan lulus dan memiliki kualitas yang baik serta clear and clean atau bersih dan tidak meninggalkan masalah,” pungkas Kapolda.

Pada seleksi Catar Akpol kali ini, Polda Papua sendiri menyisakan 11 orang dari 18 peserta yang mengikuti Sidang. Yang mana dari 11 orang perwakilan Polda Papua ini terdiri dari 2 orang perwakilan Putra Daerah dan 9 Pendatang.

Dan lagi, para peserta yang dinyatakan lulus pada tingkat Panda, dalam sistem seleksi Catar Akpol tingkat pusat untuk kuota didik perwakilan Papua hanya 8 orang, jadi nanti untuk setiap peserta akan bersaing pada sleeks tingkat pusat untuk menjadi yang terbaik dan hanya yang terbaik berdasarkan rangking pusat yang akan dinyatakan lulus.

Untuk itu, Kapolda berpesan agar tetap focus pada kegiatan seleksi, jaga kesehatan selama seleksi, siapkan mental dan fisik untuk mengikuti seluruh rangkaian seleksi di tingkat pusat dan yakinkan diri bahwa para peserta bisa melewati semua proses dengan baik.

“Adik-adik sekalian adalah aset terbaik bangsa, khususnya bagi Polda Papua. Tunjukan kualitas dan kompetisi keilmuan yang adik-adik miliki serta berikan kebangsaan bagi Polri khusunya Polda Papua,” tutur Kapolda.

Penulis                : Warsito
Editor                   : Umi Fadilah
Publisher            : Reinaldy N R

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password