Kapolres Sintang Hadiri Kegiatan Evaluasi Kabupaten Layak Anak

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar-Resor Sintang, Pencanangan Kabupaten Sintang sebagai Kota Layak Anak terus diperjuangkan, kali ini bertempat di Aula Kantor Bappeda Sintang jl. M. Saad Kel. Tanjung Puri Kec. Sintang, kembali dilaksanakan kegiatan Optimalisasi dan Evaluasi Penilaian Sintang menuju Kabupaten Layak Anak tahun 2017-2022, Jumat ( 16/6/2017).

Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.30 wib dibuka Kepala Bappeda Kab. Sintang Kartiyus, SH, M.Si dan pada kesempatannya menyampaikan bahwa Kabupaten Layak Anak merupakan Kabupaten yang memiliki sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumberdaya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan , program dan kegiatan untuk menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak. Implementasi Layak anak dimulai dari tingkat keluarga ramah anak, RT Layak Anak, RW Layak Anak, Desa Layak Anak, Kecamatan Layak Anak, Kabupaten Layak Anak, Provinsi Layak Anak sampai ke Indonesia Layak Anak.

Kartiyus juga mengatakan, untuk tahapan pengembangan Kabupaten Layak Anak dimulai dari pelaporan, pemantauan dan evaluasi, pelaksanaan, penyusunan rencana aksi daerah, pengumpulan data basis, pembentukan gugus tugas serta berkomitmen.

“Untuk penilaian Kabupaten Layak Anak Kab. Sintang mulai tahun 2012 ( sejak dideklarasikan ) hingga saat ini sudah pada tingkat kategori Madya dengan 18 Komponen tidak ada angka dibawah 70%, kedepan untuk kategori penilaian harus bisa mencapai tingkat Utama yang mana memiliki 28 Komponen tidak ada dibawah 70%.,” imbuh Kepala Bappeda ini.

Terkait dengan aturan undang-umdangn yang mengaturnya disampaikan oleh Kartiyus yaitu mulai dari Keppres no 36 Tahun 1990, UU No. 23 Tahun 2002, UU No. 35 Tahun 2014 hingga.UU No. 17 Tahun 2016.

Selain Kapolres Sintang yang diwakili Kasat.Binmas Polres Sintang Akp Sugiyanto, tampak hadir juga dari SKPD Kab. Sintang Badan Pusat Statistik Kab. Sintang, Dinas Kesehatan Kab. Sintang, Dinas Sosial Kab. Sintang, Dinas Kominfo Kab. Sintang, Dinas Perhubungan Kab. Sintang, Dinas BPKAD Kab. Sintang, Kemenag Kab. Sintang, serta Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Sintang.

Penulis : Hariyanto
Editor : Umi Fadilah
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password