100 Pelajar SMA Negeri 1 Sintang Terima Penyuluhan Anti Radikalisme Dan Anti Narkoba

Tribratanews.polri.go.id.Polda Kalbar-Resort Sintang, Sedikitnya 100 pelajar Sekolah Menengah Atas Negeri ( SMAN) 1 Sintang, yang berlokasi di.Jl. S. Parman Kelurahan Tanjung Puri Kec. Sintang. Kab Sintang menerima penyuluhan dari Satuan Binmas Polres Sintang, Jumat ( 16/6/2017)

“Kita disurati dari Kepala Sekolah SMAN 1 Sintang, untuk memberikan penyuluhan terkait masalah radikalisme dan Narkoba kepada siswa siswinya, khususnya kepada pelajar yang masih duduk dikelas X dan Kelas XI,” ungkap KBO Sat Binmas Iptu Tukimin.

Kegiatan yang dilaksanakan pada pukul 08.00 wib s-d 09.15 wib tersebut diisi dengan penyuluhan tentang antisipasi masuknya paham radikalisme dikalangan pelajar serta dampak penyalahgunaan Narkoba bagi kalangan pelajar ditinjau dari sudut sosial yang disampaikan oleh Kanit Pembinaan Ketertiban Masyarakat ( Bintibmas), Aiptu Pujianto.

Dihadapan para pelajar yang mendengarkan materi penyuluhan tentang radikalisme dan dampak penyalahgunaan Narkoba, Aiptu Pujianto mengatakan bahwa paham radikalisme itu sangatlah bertentangan dengan Pancasila, Pancasila merupakan dasar Negara Republik Indonesia jadi tidak boleh digantikan dengan apapun. Didalam Pancasila ada butir-butir yang mengatur tentang kehidupan berbangsa dan bernegara, ” Agar adik-adik semua bisa pahami itu, hindari perbuatan dan kata-kata yang menyinggung kepada Suku, Agama, Ras dan Golongan (SARA), karena paham radikalisme itu selalu menggunakan SARA dalam kegiatannya”, jelas Aiptu Pujianto.

Terkait penyalahgunaan Narkoba, dikatakan Pujianto bahwa sasaran Narkoba tidak memandang latar belakang siapa dan darimana, pemasok ( penjual) Narkoba selalu mencari sasaran baru, khususnya kalangan pelajar yang dianggap masih mudah untuk dipengaruhi, dikarenakan para pelajar dalam posisi sedang mencari jati diri, dan masih mencari pengakuan dikalangan sesama pelajar, untuk itu agar selalu berhati-hati dalam pergaulan, ” Hindari kawan yang sudah berperilaku tidak baik, jangan dekati karena lambat laun akan terpengaruh untuk ikut-ikutan,” pesan Kanit Bintibmas ini.

Kepala Sekolah SMAN 1 Sintang, Edi Sunaryo, Spd mengucapkan terima kepada pihak kepolisian Resort Sintang atas kesediaanya untuk datang memberikan penyuluhan kepada para pelajar di sekolah yang dipimpinnya. ” Terima kasih dan sampaikan salam hormat kami kepada Bapak Kapolres Sintang atas kerjasamanya yang sudah terjalin baik selama ini, ” imbuhnya.

Penulis : Hariyanto
Editor : Umi Fadilah
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password