Pembunuhan di Bitung: Polisi Tangkap Pelaku di Kota Manado

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulawesi Utara – Polres Bitung berhasil mengungkap kasus pembunuhan terhadap Novita Poluan (39), warga Kelurahan Girian Atas, Kecamatan Girian, Kota Bitung, Rabu (14/06/2017) sekitar pukul 19.30 WITA.

Pelakunya yang merupakan kekasih gelap korban, berinisial IS, warga Kota Manado ditangkap Tim Buser dan Timsus Tarsius Polres Bitung dipimpin Ipda Afriangga Tan, Kamis (15/06/2017) sekitar pukul 20.15 WITA, di Jalan Bethesda Kota Manado.

Pembunuhan ini dilatar belakangi rasa cemburu dan curiga, karena korban tidak pernah menjawab telepon maupun pesan singkat dari pelaku. Saksi, Destalia Lapian, warga Kecamatan Matuari, Kota Bitung menerangkan, Rabu malam sekitar pukul 19.35 WITA sedang duduk bersama korban di depan rumah korban dalam keadaan lampu padam karena aliran listrik dicabut PLN.

Kemudian korban masuk ke rumah dan menerima telepon dari seseorang (diduga pelaku) menggunakan hand phone milik saksi. Sesaat kemudian, saksi melihat pelaku melintas menggunakan sepeda motor di depan rumah korban. Hal ini lalu diberitahukannya kepada korban. Takut terjadi sesuatu, korban mengajak saksi masuk ke rumah dan menutup semua pintu.

Keduanya melihat pelaku mendatangi rumah tetangga korban, Ade, yang berjualan biapong. Pelaku selanjutnya menuju rumah korban dan mengetuk pintu berulang-ulang namun tak dibukakan oleh korban. Pelaku lalu menuju belakang rumah dan mendobrak pintu belakang. Korban bertanya, mengapa mendobrak pintu.

Saksi kemudian keluar lewat pintu belakang tersebut dan menuju warung milik Ade. Saksi lalu menelepon saudara kandungnya, Ario Lapian dan memintanya untuk menjemput di warung depan rumah korban. Tak berselang lama, Ario tiba. Ia lalu mendatangi rumah korban dengan maksud mengambil sandal milik Destalia yang tertinggal.

Saat itulah, Ario melihat ceceran darah di lantai rumah korban. Ia lalu memberitahukannya kepada Destalia. Kejadian ini kemudian dilaporkan ke pihak kepolisian. Saksi lainnya, Ade, membenarkan bahwa beberapa saat sebelum kejadian pelaku datang ke warungnya lalu menuju rumah korban.

Sementara itu, pelaku mengaku saat itu mengarahkan sebilah pisau ke pipi kiri korban. Namun karena suasana gelap, lanjutnya, pisau tersebut mengena di atas telinga kiri korban. Pisau menembus kepala korban sedalam sekitar 7 cm dengan lebar luka tikaman 2 cm. Akibat luka yang cukup parah, korban tewas.

Sesaat setelah kejadian, pelaku melarikan diri ke Desa Kima Atas, Kecamatan Mapanget, Kota Manado dan menginap satu malam. Keesokan harinya (Kamis), pelaku menuju ke Karang Ria dan menitipkan sepeda motor serta sebilah pisau kepada salah seorang temannya. Setelah itu, pelaku menumpang ojek dan akhirnya tertangkap di sekitar Jalan Bethesda, Kota Manado.

Kapolres Bitung, AKBP Philemon Ginting membenarkan adanya kejadian tersebut. “Pelaku beserta barang bukti telah diamankan di Mapolres Bitung,” terangnya, Jum’at (16/06) pagi. “Kasus sedang ditangani Satuan Reskrim,” pungkasnya.

Penulis: Rony
Editor: Umi Fadilah
Publish: Rony

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password