Problem Solving Oleh Bhabinkamtibmas Polsek Monterado Tetangga Pun Berdamai

Tribratanews.polri.go.id.
Polda Kalbar. Polres Bengkayang – Pertengkaran sesama tetangga berhasil diselesaikan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Monterado dengan jalan saling memaafkan antara kedua belah pihak.

Pertengkaran yang nyaris berujung penganiayaan terjadi di desa Siaga Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang antara seorang ibu rumah tangga yang berinisial MJ (43) dengan laki-laki berinisial YS (30) yang mana keduanya merupakan tetangga sekitar rumahnya.

Berdasarkan informasi dari salah satu warga di desa Siaga kepada Bhabinkamtibmas desa Siaga BRIGADIR Rio Nicolas yang menyebutkan bahwa ada keributan di salah satu rumah (tetangganya), maka Bhabinkamtibmas mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP), kemudian membawa kedua orang yang bertengkar tersebut ke Kantor Polsek Monterado untuk dimediasi guna mencari jalan keluar yang terbaik untuk keharmonisan dan kerukunan antara tetangga yang bertengkar tersebut.

Bhabinkamtibmas desa Siaga mencoba untuk menjelaskan kepada kedua belah pihak bahwa pertengkaran antara sesama tetangga sebenarnya tidak perlu terjadi, apabila keduanya belah pihak mau duduk bersama dengan kepala yang dingin serta saling menghormati. BRIGADIR Rio Nicolas kembali menjelaskan kepada kedua belah pihak bahwa pertengkaran yang terjadi syukurnya tidak sampai berujung pada terjadinya Penganiayaan.

Dengan diadakannya mediasi ini, dicapailah kesepakatan yang dicantumkan didalam Surat Pernyataan antara kedua belah pihak. Beberapa poin menjadi dasar tercapainya kesepakatan untuk berdamai yaitu kedua belah pihak bersedia untuk tidak melanjutkan perkara yang telah terjadi ke proses hukum serta kedua belah pihak sudah saling memaafkan atas apa yang telah terjadi, kedua belah pihak juga berjanji untuk tidak akan pernah mengulangi perbuatannya tersebut kepada siapa pun atau perbuatan apa pun yang dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas di tempat tinggal mereka.

Sebelum kedua belah pihak kembali ke rumah, Bhabinkamtibmas desa Siaga saat itu (15/06/2017) kembali menyampaikan pesan-pesan kepada kedua belah pihak tersebut untuk saling menjaga keharmonisan dan saling menghormati dalam bertetangga, tidak membuat hal-hal yang dapat mengganggu Kamtibmas di lingkungan tempat tinggalnya. Pesan yang disampaikan tampak ditanggapi baik oleh kedua belah pihak.

Penulis    : Eko Wahyu Sudianto
Editor      : Umi Fadilah
Publish    : Cucu Safiudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password