Sabhara Polresta Kediri Sita Puluhan Miras Bermerek

Tribratanews.polri.go.id – Polresta Kediri – Peredaran minuman keras (miras) seperti tak pernah habis. Meski sudah ribuan miras di sita oleh petugas polisi keberadaannya tak pernah musnah. Seperti Selasa (13/6) lalu petugas Satsabhara Polresta Kediri mengamankan puluhan miras merek eksklusif yakni Chivas Regal, Red Label, Black Label, dan Martell. Miras tersebut bahkan didatangkan dari luar wilayah Kediri.

Pengungkapan ini bermula sehari sebelumnya, yakni Senin (12/6) sekitar pukul 12.30 WIB. Saat itu petugas mendapat laporan dari masyarakat bahwa di salah satu rumah di Jalan Hasanudin tepatnya di Kelurahan Balowerti, Kecamatan Kota, Kota Kediri ada kegiatan peredaran miras. “Kami dapat laporan dari warga sekitar lingkungan tersebut, kami langsung adakan penyelidikan,” terang Kasubbaghumas Polresta Kediri AKP Kamsudi

Rumah tersebut adalah milik seorang pria 39 tahun bernama Nono. Dari penggeledahan rumah tersebut petugas mendapati tiga botol miras merek Red Label, tiga botol miras merek Chivas Regal, satu botol Martell, satu botol Black Label, masing-masing miras tersebut berukuran 750 ml.

Tak hanya itu, Nono ternyata juga menyimpan tiga botol air mineral ukuran 1500 ml berisi arak jowo (arjo), dua jeriken kosong bekas miras, 19 botol kosong bekas air mineral, serta satu galon air mineral berukuran 19 liter. “Barang-barang tersebut ditemukan di dalam kamarnya,” tambah Anwar. Petugas langsung membawa 11 miras beserta barang bukti lain untuk diamankan.

Tak berhenti sampai di situ, petugas Satsabhara kemudian melakukan pengembangan. Dari Nono petugas kemudian mendatangi rumah milik Yogho Triyatno, 39, warga Kelurahan Mojoroto Gang VII, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. Petugas mendatangi rumah kedua Yogho yang berada di Kelurahan Balowerti, Kecamatan Kota, Kota Kediri.

Dari rumah tersebut, petugas mendapati miras bermerek yang terkenal mahal harganya, bisa di kisaran Rp 750 ribu samapai Rp 1 juta. Disimpan di dalam lemari kamar Yogho petugas menyita empat botol miras Red Label ukuran 700ml, satu botol Chivas Regal berukuran 750 ml, delapan miras merek Martell yang berukuran 700 ml, dan empat miras merek Black Label

Miras-miras tersebut rupanya baru saja dipesan Yogho dari Jakarta. Saat diminta menunjukkan surat perizinan, Yogho tak memilikinya. Namun ada dugaan Yogho menyetok miras dari Jakarta lebih dari sekali.

Petugas pun langsung membawa puluhan miras tersebut ke Mako Polresta Kediri sebagai barang bukti. Sementara itu kedua pelaku dikenai pasal tindak pidana ringan (tipiring) dan diwajibkan mengikuti persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Kediri Kota.

Dalam memerangi miras, Kapolres Kediri Kota AKBP Anthon Hariyadi menekankan pihaknya sedang gencar memberantas miras. Ia bahkan memiliki rencana ke depan agar penjual-penjual miras mendapat efek jera. “Sekali dua kali akan kami kenai tipiring, tapi kalau masih jual lagi kami bisa jerat dengan Undang-Undang Pangan,” terang Anthon seusai memimpin upacara serah terima jabatan di Mapolres Kediri Kota, kemarin

 

POLRESTA KEDIRI

Penulis             : Didik

Editor              : UMI FADILAH

Publish            : Didik

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password