Polresta Surakarta Sukses Mengamankan Tradisi Grebeg Malem Selikuran Kraton Kasunanan Solo

Tribratanews.polri.go.id.Polresta Surakarta.Polda Jateng – Tradisi rutin tahunan rangkaian acara Hajad Dalem PB XIII Grebeg Malem Selikuran Keraton Kasunanan Surakarta yang dilaksanakan oleh Polresta Surakarta pada Kamis malam (15/06/2017) pukul 21.40 WIB di Kraton Solo Pasar Kliwon Surakarta.

Tradisi Malem Selikuran ini rutin diselenggarakan oleh Keraton Surakarta Hadiningrat pada malam tanggal 21 di tiap bulan Ramadhan. Kirab yang diikuti oleh sekitar 700 orang membawa 1000 tumpeng. Rombongan, dilepas oleh Kanjeng Ratu yang didampingi oleh GRAY Moertiyah di Kamandungan lebih kurang 700 orang terdiri dari prajurit tamtomo lan musik, prajurit prawiro anom, prajurit jayeng astra, prajurit jagasura, prajurit sarageni, prajurit baki, prajurit panyutra.

Route grebeg malem selikuran ini start Kori Kamandungan Keraton – Jl. Supit urang – Alun-Alun Utara Pakubuwono – Gladak – kebarat menyusuri Jl. Slamet Riyadi ke barat – finish di Joglo Sriwedari Laweyan dengan jarak sekitar 3 KM.

3580c537-78d0-4670-90b6-c2d37e3c4662

                                             Acara puncak malem Selikuran di Joglo Srewedari

Setibanya di Joglo Sriwedari dilaksanakan acara serah terima acara Malam Selikuran yang diserahkan oleh pihak Keraton Kasunanan Hadiningrat Surakarta yang diwakili oleh KGPH Suryo Witjaksono dan diterima oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemkot Surakarta Anggoro Hexa.C‏iri khas dari grebeg ini adalah masih menggunakan penenrangan dari oncor bambu dan lampu petromax.

Acara inti Malam Selikuran diawali dengan penyampaian sejarah peringatan Malam Selikuran, dilanjutkan dengan sambutan, doa dan diakhiri dengan pembagian 1000 nasi tumpeng kepada para Abdi Dalem dan pengunjung Joglo Sriwedari.

Kapolresta Surakarta AKBP Ribut Hari Wibowo dan Wakapolresta Surakarta AKBP Andy Rifai,S.IK,M.H turun langsung dalam pengamanan kegiatan Malam Selikuran ini.

Dalam pengamanan ini Polresta Surakarta, mengeraahkan sekitar 200 personel dibawah kendali lapangan Kabag Ops Kompol Arief Djoko.SP. Pengamanan ini juga melibatkan Polsek Pasar Kliwon, Polsek Serengan dan Polsek Laweyan. Pergelaran pengamanan sudah di mulai sejak pukul 17.00 Wib . Hingga berakhirnya acara situasi aman lancar dan kondusif.

Penulis : Miun Kliwon, Heri Laweyan

Editor   : Umi Fadilah

Publish : Sumarjo

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password