Indonesia bebas berpendapat di muka umum !

Indonesia bebas berpendapat di muka umum !

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulteng – Polres Palu, Siapapun berhak berpendapat di muka umum , itulah INDONESIA !!! Hal tersebut tercantum dalam Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum.

Namun, perlu kita diketahui bersama bahwa melaksanakan demo atau Unjuk rasa (demonstrasi) harus memperhatikan asas penyampaikan pendapat di muka umum yakni:
1. Asas keseimbangan antara hak dan kewajiban
2. Asas musyawarah dan mufakat
3. Asas kepastian hukum dan keadilan
4. Asas proporsionalitas yaitu : asas yang meletakkan segala kegiatan sesuai dengan konteks atau tujuan kegiatan tersebut baik yang dilakukan oleh warga negara, institusi, maupun aparatur pemerintah, yang dilandasi oleh etika in­dividual, etika sosial, dan institusional.
5. Asas manfaat

Warga negara yang melaksankan demo atau Unjuk rasa (demonstrasi) BERHAK untuk:
1. Mengeluarkan pikiran secara bebas,
2. Memperoleh perlindungah hukum.

Warga negara yang melaksanakan Demo atau Unjuk rasa (demonstrasi) BERKEWAJIBAN DAN BERTANGGUNGJAWAB untuk:
1. Menghormati hak-hak dan kebebasan orang lain artinya ikut memelihara dan menjaga hak dan kebebasan orang lain untuk hidup aman, tertib, dan damai.
2. Menghormati aturan-aturan moral yaitu mengindahkan norma agama, kesusilaan, dan kesopanan dalam kehidupan masyarakat.
3. Menaati hukum dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
4. Menjaga dan menghormati keamanan, dan ketertiban umum dengan perbuatan yang dapat mencegah timbulnya bahaya bagi ketenteraman dan keselamatan umum, baik menyangkut orang, barang, maupun kesehatan.
5. Menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa artinya tidak melakukan perbuatan yang menimbulkan permusuhan, kebencian, atau penghinaan terhadap suku, agama, ras, dan antargolongan dalam masyarakat.

Sementara Kewajiban dan tanggung jawab aparatur terhadap pelaksanaan Demo atau Unjuk rasa (demonstrasi) sesuai Undang-undang adalah :
1. Melindungi hak asasi manusia.
2. Menghargai asas legalitas.
3. Menghargai prinsip praduga tidak bersalah.
4. Menyelenggarakan pengamanan.

Dalam pelaksanaan Demo atau Unjuk rasa (demonstrasi), Polri bertanggung jawab memberikan perlindungan keamanan terhadap pelaku atau peserta penyampaian pendapat di muka umum. Selain itu, Polri bertanggung jawab menyelenggarakan pengamanan untuk menjamin keamanan dan ketertiban umum sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Demikianlah sekilas ulasan tentang Berpendapat di muka umum. Harus dan Penting kita ketahui bersama. BERPENDAPATLAH DI MUKA UMUM DENGAN TERTIB DAN SESUAI DENGAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG ADA!!! INDONESIA BEBAS BERPENDAPAT DI MUKA UMUM !!! SALAM TRIBRATA.

Penulis          : Team
Editor            : Umi Fadilah
Publish          : Abdi.s

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password