Kabid Humas Beberkan Modus Operandi Pelaku Begal Saat Melancarkan Aksinya

Tribratanews.polri.go.id – Makassar Sulsel, Aksi perampokan di jalan yang akrab di telinga dengan sebutan aksi BEGAL marak terjadi di tanah air kita, bahkan kejahatan semacam ini biasa kita jumpai ditempat tinggal kita, yang mana asal ada kesempatan dan rasa kepepet karena urusan ekonomi, maka gelap mata yang diutarakan dengan menggasak harta benda pengguna jalan dengan membantainya langsung akan terjadi.

Sebagai pengguna jalan yang sering lalu lalang di jalan raya, maka untuk menghindari hal tersebut kita semua harus tetap waspada. Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani membeberkan beberapa modus operandi yang dilakukan Begal dalam melancarkan aksinya, hal ini tentunya agar para pengguna jalan lebih berhati-hati.

Pertama, biasanya kawanan begal ini merampas paksa barang-barang milik korban yang nampak kasat mata seperti perhiasan, tas, HP, dompet dan lain-lain. Kedua, penjahat ini juga tidak segan melakukan pengancaman dengan menggunakan badik atau senjata tajam lainnya kepada korban.

Ketiga, menggunakan metode hipnotis dan obat bius untuk memperdaya korbannya. Keempat, biasanya pejahat jalanan ini melancarkan aksinya dengan berkelompok. Kelima, dilakukan pada saat sepi dari pantauan orang lain dan petugas dan terakhir para begal ini biasanya menyasar perumahan yang ditinggal mudik pemiliknya.

Setelah mengetahui modus operandi yang digunakan pelaku begal, Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani pun menghimbau masyarakat menghindari berpergian di malam hari, karena kebanyakan begal melancarkan aksinya di malam hari, terutama di jalanan yang sepi.

Penulis : Abu Uwais

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password