Sunnah Nabi Muhammad yang Layak Dihidupkan

Tribratanews.polri.go.id. Para pembaca yang di Rahmati Allah SWT, saat ini kita sudah menginjak ke 10 hari terakhir bulan Ramadan. Dimana Allah SWT memberikan banyak ampunan kepada para umatnya. Banyak diskon ampuan yang diberikan Allah SWT di minggu terakhir Ramadan ini.

Di minggu terakhir inilah banyak cobaan yang datang, salah satu diantaranya diskon belanja. Banyak sebagian dari kita lebih tergiur berbelanja dari pada menjalankan ibadah salat tarawih. Padahal diminggu terakhir inilah Allah memberikan diskon ampunan besar-besaran terhadap dosa yang kita miliki.

Sebagai peringatan untuk diri saya sendiri, juga sebagai buah tangan buat sahabat sekalian, mari kita laksanakan tujuh Sunnah hebat ini. Ketujuh sunnah Nabi SAW itu adalah :

Sunah pertama adalah menjalankan sholat tahajjud. Hal ini karena kemuliaan seorang mukmin terletak pada tahajjudnya. Pastinya doa mudah termakbul dan menjadikan kita semakin dekat dengan Allah SWT.

Sunah kedua adalah Membaca Al-Qur’an sebelum terbit matahari. Alangkah baiknya sebelum mata melihat dunia, sebaiknya mata membaca Al-Qur’an terlebih dahulu dengan penuh pemahaman. Paling tidak jika sesibuk apapun kita, bacalah walau beberapa ayat.

Ketiga jangan tinggalkan masjid terutama di waktu subuh. Sebelum melangkah kemana pun langkahkan kaki ke masjid, karena masjid merupakan pusat keberkahan. Bukan karena panggilan muadzin tetapi panggilan Allah yang mencari orang beriman untuk memakmurkan masjid Allah.

Keempat menjaga sholat dhuha, karena kunci rezeki terletak pada sholat dhuha. Yakinlah, manfaat sholat dhuha sangat dasyat dalam mendatangkan rezeki.

Kelima menjaga sedekah setiap hari. Allah menyukai orang yang suka bersedekah, dan malaikat Allah selalu mendoakan kepada orang yang bersedekah setiap hari. Percayalah, sedekah yang diberikan akan dibalas oleh Allah dengan berlipat-ganda.

Keenam menjaga wudlu terus menerus karena Allah menyayangi hamba yang berwudlu. Kata khalifah Ali bin Abu Thalib, “Orang yang selalu berwudhu senantiasa ia akan merasa selalu sholat walau ia sedang tidak sholat, dan dijaga oleh malaikat dengan dua doa, “ampuni dosanya dan sayangilah dia Yaa Allah”.

Dan ketujuh adalah amalkan istighfar setiap saat. Dengan istighfar masalah yang terjadi karena dosa kita akan dijauhkan oleh Allah SWT. (*)

Semoga memberi manfaat pada semua orang dan untuk diri kita sendiri
Barakallah..

Oleh : AKBP Sumaryono SH SIK MH
Kapolres Kediri

Editor : Umi Fadilah

Publish : Hendra

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password