PEMBONGKARAN MAKAM: Makam Di Kec. Tomoni Timur Dibongkar, Jenazah Hilang

Polres Luwu Timur – Sungguh sedih kejadian yang dialami keluarga Lince Sattu Banne (43), makam orang tuanya yang berlokasi di Desa Patengko Kec. Tomoni Timur telah dibongkar dan jenazah almarhum orang tuanya Rum Banne telah hilang. Kejadian bermula saat Lince ingin berziarah ke makam orang tuanya namun setelah sampai di tempat pemakaman Lince menemukan kuburan orang tuanya sdh rusak serta berlubang dan kerangka jenazah sudah tidak ada lagi. Lince langsung melaporkan kejadian tersebut di Polsek Mangkutana.

Barang Bukti Yang Diamankan
Barang Bukti Yang Diamankan

Dari hasil penyelidikan dan pemeriksaan beberapa saksi maka diketahui bahwa ada lima orang yang melakukan pembongkaran makam yaitu AL (57), KT (30), ML (25), ER (30) dan AD (35). Kelima orang ini adalah warga Desa Patengko Kec. Tomoni Timur. Dari hasil pemeriksaan diketahui pula bahwa kelima orang pelaku ini melakukan pembongkaran pada tanggal 26 Desember 2016 atas perintah Sampe Alias Silvester dengan imbalan uang Rp.2.000.000,-. Jenazah tersebut sudah dikirim dan diambil Sampe di Kab. Tana Toraja. Belum diketahui motif pengambilan jenazah tersebut karena dari hasil pemeriksaan saksi-saksi bahwa Sampe tidak ada hubungan keluarga dengan almarhum.

Keluarga almarhum telah berkomunikasi kepada Sampe  agar beretikad baik mengembalikan kerangka jenazah tersebut untuk dimakamkan kembali namun Sampe enggan mengembalikan. “Kami telah menaikan proses ini dari lidik menjadi sidik dan kami akan mendalami lagi apa motif pembongkaran makam serta pencurian jenazah tersebut, kami juga sedang mengejar Sampe serta memeriksa kelima pelaku dan mencari keberadaan kerangka jenazah tersebut” ujar PS. Kapolsek Mangkutana AKP Moh. Jamal Ansar saat kami wawancarai. (tfk)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password