Kapolsek Entikong lakukan Mediasi

Tribratanews.polri.go.id – Polda Kalbar – Bertempat di Aula Mapolsek Entikong, Kapolsek Entikong Kompol Kartyana Widyarso W.P, S. IK lakukan mediasi antara Perusahaan PT. BKP dengan Pihak Karywan PT. BKP pada Rabu (14/06/2017).

Mediasi tersebut dilaksanakan sehubungan dengan telah terjadinya penyegelan / pemagaran Kantor perusahaan Sait PT. BKP Entikong di Dusun Merau Desa Entikong oleh karyawan PT. BKP Entikong.

Pada kesempatan pertama Kapolsek Entikong Kompol Karyana Widyarso W.P, S. IK mengatakan berkumpulnya kita di Aula Mapolsek Entikong ini untuk melaksanakan mediasi mengenai permasalahan yang terjadi pada tanggal 09 Juni 2017 dimana pihak karyawan PT. BKP melakukan penyegelan terhadap Kantor PT. BKP Entikong.

“Saya berhadap pada hari ini kita mendapatkan suatu kesepakatan bersama agar permasalahan-permasalahan yang terjadi dapat diselesaikan dan perusahaan dapat berjalan seperti biasa”tambah Kapolsek Entikong.

Selanjutnya Camat Entikong Suparman, S. Pd, M. Si menyampaikan permintaan kepada semua yang hadir berbicara dengan benar jangan berbicara dengan tidak sesuai kenyataan yang ada. Dirinya ingin masyarakat dapat sejahtera dengan adanya PT. BKP dan pada hari ini dilaksanakan mediasi agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Camat Entikong juga mengharapkan agar pihak perusahaan lebih memperhatikan masyarakat desa setempat. “Pada hari ini kita akan membuat suatu pertimbangan dan jangan sampai ada permasalahan kedepannya” jelasnya.

Dari Pihak Karyawan PT. BKP Entikong meminta pernyataan dari pihak Direktur Utama agar tidak ada yang Take Over dari perusahaan dan adanya SOP yang jelas dalam pengangkatan Karyawan.

“kami meminta untuk pengembalian pemotongan BPJS yang di lakukan pemotongan pada tahun lalu dan kami melaksanakan lagi bahwa pari hari ini kita hanya meminta kejelasan mengenai tiga hal diatas dan jika sudah ada kejelasan maka perusahaan dapat bekerja seperti biasa” jelas Perwakilan dari pihak karyawan PT. BKP.

Melalui Kasi Humas PT. BKP Entikong Damianus Asia Sidot mengatakan dirinya sudah melaksanakan komunikasi dengan Direktur Utama bahwa memang tidak adanya Take Over. Untuk permsalahan SOP, akan disusun oleh pihak perusahaan.

Mengenai BPJS, sedang dalam proses dan pihak perusahaan akan mengembalikan hak karyawan terpotong. Perusahaan menghargai adanya adat dan mengenai temuan dari karyawan tentang adanya karyawan yang bekerja saat dilakukan pemagaran maka akan ditindak lanjuti oleh pihak karyawan yang melakukan karyawan.

Adapun hasil dari mediasi tersebut antara lain :
1. Pihak I (pertama) selaku GM/Manager PT. BKP bersedia menandatangani surat pernyataan jaminan tidak adanya Take Over untuk sekarang ini kalaupun terjadi Take Over akan diumumkan 2 bulan sebelumnya dan surat pernyataan tersebut akan di tandatangani oleh Dir Ops PT. BKP Entikong.
2. Pihak I (pertama) dan Pihak II (kedua) sepakat untuk SOP / peratuan perusahan menjadi kewenangan perusahaan dan pengangkatan karyawan berdasarkan terhitung mulai tanggal diangkat menjadi karyawan PT. BKP Entikong.
3. Pihak I (pertama) dan Pihak II (kedua) sepakat untuk kartu BPJS di sesuaikan dengan tanggal pemotongan dan untuk BPJS yang sudah dipotong, Pihak II (kedua) memberikan waktu paling lambat 1 (satu) bulan untuk di kembalikan kepada karyawan.
4. Pihak II (kedua) selaku perwakilan karyawan bersedia membuka segel kantor perusahaan PT. BKP dengan suka rela tanpa ada paksaan maupun bujukan dari pihak lain.
5. Pihak II (kedua) selaku perwakilan karyawan bersedia menerima semua format penyelesaian sesuai dari pihak perusahaan tanpa ada pemaksaan dan bujukan dari pihak lain.
6. Apabila pihak I (pertama) dan pihak II (kedua) terjadi permasalahan / sengketa dikemudian hari akan berjanji menyelesaikan semua permasalahan dengan cara musyawarah dan mufakat.

Sekira pukul 11.00 Wib kegiatan Mediasi antara perusahaan PT.BKP dengan Pihak Karyawan PT.BKP. sebagai cacatan, dengan adanya kesepakatan keduabelah pihak maka direncanakan hari Kamis Tgl 15 Juni 2017 sekira jam 08.00 Wib. Akan dilakukan pembukaan pagar/segel kantor PT.BKP

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolsek Entikong Kompol Kartyana Widyarso W.P, S.IK, Camat Entikong Suparman, S. Pd, M. Si, Danramil Entikong diwakili Serka Sepion, Manager PT.BKP Entikong Editan, Kasi Humas PT. BKP Entikong Damianus Asia Sidot, Kasi Pembayaran PT. BKP Entikong Edi, Kepala Desa Merau, Kepala Desa Serangkang dan Karyawan PT. BKP Entikong sebanyak 30 orang.

Penulis : Denny Ardiyanto dan Reno Wisnu Pradana
Editor : Umi Fadilah / Sugeng Hs
Publish : Cucu Syafiyudin

Admin Polri56599 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password