Cegah Berkembangnya Radikalisme dan Terorisme, Polres Jembrana Gelar Lomba Da’i Cilik Kamtibmas dan Adzan Cilik

lombaazan14062017

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Polres Jembrana merupakan satu-satunya Polres dijajaran Polda Bali yang melaksanakan lomba da’i cilik Kamtibmas dan adzan cilik dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara Ke-71 Tahun 2017. Pelaksanaan lomba bertempat di Lantai II Masjid Baitul Muhtarifin yang berada di areal Polres Jembrana, Rabu (14/6).

Lomba yang dimulai pukul 09.00 Wita diikuti dari berbagai sekolah yang ada di Kabupaten Jembrana, seperti Sekolah Madrazah Iftidaiyah Negeri, Pondok Pesantren, SD dan MTs se-Kabupaten Jembrana. Peserta lomba berjumlah 40 peserta, terdiri dari 20 peserta lomba Da’i Cilik Kamtibmas dan 20 peserta lomba Adzan Cilik.

Lomba tersebut dibuka oleh Kapolres Jembrana AKBP Priyanto Priyo Hutomo, S.I.K., M.H. dan dihadiri Ketua dan Wakil Ketua Bhayangkari Cabang Jembrana, Pejabat Utama Polres Jembrana, Kapolsek Jajaran Polres Jembrana dan Personel Polres Jembrana. Pihak panitia melibatkan tiga dewan juri yaitu H. Sufyan, Drs. H. Ilyas, S.Pd dan Eko Wahyudi, S.Pd.

AKBP Priyanto Priyo Hutomo, S.I.K., M.H. dalam sambutannya mengatakan, selain sebagai kegiatan Safari Ramadhan digelarnya kegiatan lomba ini juga sebagai rangkaian kegiatan menyambut Hari Bhayangkara. Melalui lomba ini diharapkan akan muncul calon pemula da’i cilik dan adzan cilik yang nantinya siap terjun di masyarakat sebagai syiar Agama Islam serta sebagai duta Kamtibmas di masyarakat.

Sesuai kriteria lomba da’i cilik Kamtibmas, para peserta wajib memberikan ceramah Kamtibmas tentang pencegahan radikalisme dan terorisme, mengingat saat ini banyak berkembang doktrin-doktrin yang dilakukan oleh kelompok radikal dan teroris, seperti doktrin fa’i, doktrin jihad dan doktrin khilafah. Tidak kalah penting, paham takfiri juga perlu diwaspadai karena paham ini mengkafirkan orang lain yang tidak sejalan dengan kelompok mereka.

“Kegiatan ini digunakan untuk mencegah penyebaran doktrin dari kelompok radikal, dari ayat-ayat Al-Qur’an akan dapat menjelaskan bahwa paham tersebut menyimpang dari ajaran Islam. Dengan menanamkan hal ini sejak masih anak-anak, maka saat remaja mereka sudah memahami tentang radikalisme,” ujar Kapolres Jembrana AKBP Priyanto Priyo Hutomo, S.I.K., M.H.

Penulis : Bina Wartawan

Editor   : Umi Fadilah

Publish : Adhitya Yoga

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password