Rapat Koordinasi Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1438 H : Polres Klungkung Fokus Amankan Jalur Pemudik

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali , Polres Klungkung menggelar rapat koordinasi lintas sektoral yang dipimpin Wakapolres Klungkung Kompol Nengah Sadiarta, S.H., S.I.K. Rapat ini membahas tentang kesiapan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah, bertempat di Gedung Nusa Penida Harapan Polres Klungkung, Rabu (14/6). Hadir dalam rapat tersebut perwakilan instansi terkait dari Kodim 1610, Kejaksaan Negeri, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, PLN, Satpol PP, PHDI, MMDP, FKUB, Orari, Pejabat Utama Polres Klungkung dan Kapolsek Jajaran Polres Klungkung.

Kompol Nengah Sadiarta, S.H., S.I.K. saat membuka rapat koordinasi mengatakan, berbagai kesiapan telah dilakukan Polres Klungkung dalam rangka mengamankan arus mudik, seperti pengadaan Pos Pengamanan di Areal Pura Goa Lawah dan Pos Pantau di simpang empat Lepang, Jalan Baypass Ida Bagus Mantra. Hal ini disebabkan karena wilayah Klungkung selama ini hanya sebagai jalur lintasan bagi pemudik.

Kabag Ops Polres Klungkung Kompol Nyoman Suarsika menyampaikan paparan tentang rencana kegiatan operasi. Operasi ini merupakan operasi terpusat dan operasi kemanusiaan dengan sandi Operasi Ramadniya Agung 2017. Pelaksanaannya akan digelar secara serentak mulai dari tanggal 19 Juni hingga 4 Juli 2017.

Tujuan operasi adalah untuk menjamin keamanan bagi seluruh masyarakat serta mewujudkan keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas dalam rangka perayaan hari raya Idul Fitri 1438 H, yang meliputi kegiatan ibadah, serta kegiatan-kegiatan lainnya. Wilayah Polres Klungkung memiliki jalur lintas utama seperti Jalan Baypass Ida Bagus Mantra yang menjadi pilihan utama bagi pemudik, sehingga jalur ini menjadi perhatian penting Polres Klungkung dan Polsek jajaran.
“Dalam operasi ini ada empat target sasaran, seperti orang, tempat, benda serta kegiatan, dimana dalam pelaksanaan kegiatannya akan mengedepankan Upaya-upaya preventif dan preemtif,” terang Kabag Ops Polres Klungkung Kompol Nyoman Suarsika.

Ditambahkan Kabag Ops Polres Klungkung bahwa pada Pos Pengamanan Goa Lawah dan Pos Pantau Lepang nantinya akan ditempatkan sejumlah personel gabungan dari jajaran Polres Klungkung, TNI, Dinas perhubungan, Dinas Kesehatan, serta Organisasi kemasyarakatan seperti Orari dan Rapi. Dalam Ops Ramadniya ini, Polres Klungkung melibatkan 90 personel, sebagian besar akan ditugaskan di Pos Pengamanan dan Pos Pantau.

Sementara Bupati Klungkung yang diwakili Sekretaris Kesbanglinmas Dewa Aswin mengucapkan terima kasih kepada Polres Klungkung dan jajarannya, karena sampai saat ini situasi Klungkung masih kondusif dan toleransi beragama berjalan dengan baik. Ini membuktikan kalau Polres Klungkung sudah bekerja dengan baik untuk mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman.

Penulis : BIna Wartawan

Editor   : Umi Fadilah

Publish : Adhitya Yoga

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password