Tak Hanya Cermat dan Teliti, Naluri Seorang Polisi juga Harus Peka

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Bertepatan dengan pelaksanaan program unggulan T-Skill atau Trenggalek Semangat kembangkan ilmu dan latihan, Satreskrim Polres Trenggalek menggelar lomba olah TKP yang diikuti oleh seluruh Polsek jajaran. Mengambil tempat di teras kantin yang kebetulan libur bulan puasa, masing-masing tim sudah siap dengan peralatan olah TKP, Rabu (14/06).

Kasatreskrim Polres Trenggalek AKP Sumi Andana, S.H, M.H menuturkan, selain untuk meningkatkan skill dan kemampuan anggotanya, lomba ini sengaja digelar dalam rangka memperingati hari Bhayangkara yang jatuh tanggal 1 Juli 2017 nanti.

“Dalam olah TKP butuh kecermatan dan ketelitian. Petugas harus peka dan memiliki sence atau naluri polisi yang tinggi. Barang sepele dan terlihat sederhana bisa menjadi petunjuk dalam mengungkap sebuah kasus. Nah, dalam lomba inilah mereka diuji dengan skenario kejadian yang dibuat mirip keadaan yang sebenarnya” ujar Perwira penghobi trail adventure ini.

AKP Andana menambahkan, peserta lomba dibagi menjadi 4 Rayon yang beranggotakan 3 sampai 4 Polsek. Skenario kasus yang harus diselesaikan dibuat oleh panitia, jadi tiap tim akan mendapatkan jenis kasus yang berbeda.

“Penanganan TKP harus sesuai dengan SOP. Indikator penilaian seperti status quo TKP, kelengkapan dan pemanfaatan sarana pendukung, sikap dan cara pengolahan TKP. Dan yang paling penting adalah kecermatan dan ketelitian mencari petunjuk yang mengarah pada pembuktian dan pengungkapan kasus” jelas AKP Andana.

Dari 4 Tim yang memperagakan olah TKP tersebut akan dipilih yang terbaik berdasarkan indikator yang telah ditetapkan. Dan sebagai pemenang akan diberikan reward yang akan diserahkan pada saat upacara hari Bhayangkara ke-71 nanti.

Penulis : Ady
Editor : Umi Fadilah
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password