Matangkan Kesiapan untuk Menyambut Lebaran yang Semakin Dekat

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Hari Raya Idul Fitri tinggal beberapa hari lagi. Berbagai upaya dan persiapan pengamanan telah dilaksanakan oleh jajaran Polres Trenggalek dalam rangka menjaga Kamtibmas kondusif selama bulan Ramadhan hingga lebaran nanti. Dari pihak Polri, dalam waktu dekat akan menggelar operasi cipta kondisi terpusat dengan sandi “Ramadniya Semeru 2017” yang akan dilaksanakan mulai tanggal 19 Juni sampai 4 Juli 2017.

Demi menyukseskan sekaligus sinkronisasi persiapan operasi, Polres Trenggalek menggelar rapat koordinasi persiapan operasi Ramadniya Semeru 2017 bersama lintas instansi di Rupatama Polres Trenggalek, Rabu (14/06).

Hadir dalam Rakor tersebut jajaran Forkopimda antara lain Kapolres Trenggalek AKBP Donny Adityawarman S.I.K., M.Si., Bupati Trenggalek Dr. Emil Elestianto M.Sc., Dandim 0806 Trenggalek Letkol Arm Bayu Argo Asmoro, Sekda Kabupaten Trenggalek Drs. Ali Mustofa M.Si., pejabat utama Polres Trenggalek, Kapolsek jajaran, Kasatpol PP, Dinkes, Dishub, Binamarga, Basarnas, BPBD, Orari dan Senkom.

Dalam kesempatan tersebut, AKBP Donny menyatakan kesiapan pihaknya dalam rangka mengamankan perayaan hari raya Idul Fitri 1438 H. Ia pun meminta dukungan dari semua instansi guna menyukseskan operasi Ramadniya Semeru 2017.

“Ada 200 personel yang akan dilibatkan dalam operasi ini. sangat terbatas jika harus menghandle keseluruhan wilayah. Oleh sebab itu, dibutuhkan bantuan dari semua elemen agar operasi ini bisa berjalan dengan baik dan membawa manfaat langsung kepada masyarakat” jelas AKBP Donny.

Sementara itu, Kabagops Polres Trenggalek Kompol Mukalam, SH. menerangkan, dalam operasi ini sudah dibentuk 4 Satgas yang nantinya akan menjalankan perannya sesuai dengan tupoksi masing-masing yakni Satgas Turbinjali, Satgas Kamseltibcarlantas, Satgas Lidik Sidik dan Satgas Banops.

“Satgas ini adalah kekuatan utama yang diturunkan. Sedangkan sisa personel akan di-standby-kan di Polres dan Polsek jajaran”jelas Kompol Mukalam.

Sedangkan Kasatlantas Polres Trenggalek, AKP Ricky Tri Dharma, S.H., S.I.K. dalam paparannya menuturkan bahwa hasil survei bersama forum lalu lintas, jalur mudik melalui jalan nasional dalam kondisi baik dan bisa dilewati dengan aman dan nyaman.

“Yang mungkin perlu diantisipasi adalah KM 16-18 desa Nglinggis. Selain rawan longsor, di beberapa titik terdapat jalan berlubang” ujar AKP Ricky.

AKP Ricky menambahkan, berdasarkan hasil kajian, menurut rencana akan dibangun 6 pos pengamanan antara lain Pos Pam Durenan, Jarakan,  Alun-alun kota Trenggalek, Terminal Bus, Watulimo dan Panggul. Khusus Watulimo dan Panggul adalah pos pengamanan wisata dimana saat lebaran nanti diperkirakan akan mengalami lonjakan jumlah wisatawan.

Penulis : Ady

Editor : Umi Fadilah

Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password