Polisi Kumpulkan Pecalang Desa Adat Bukian: Dilatih Baris-berbaris, Penghormatan dan Pengaturan Lalu Lintas

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Masalah keamanan adalah tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat. Masyarakat harus peduli dengan situasi disekitarnya. Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak dalam membina masyarakat yang ada di desanya, harus mampu menjadi pelopor saat menjaga keamanan agar situasi kondusif. Selain sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, Bhabinkamtibmas juga dituntut untuk selalu dekat dengan masyarakat dan memecahkan setiap permasalahan yang ada di desa binaannya.

Menyikapi hal tersebut, Kapolsek Payangan AKP Gede Endrawan, S.H., M.H. bersama Bhabinkamtibmas memberikan pengarahan dan pelatihan kepada para Pecalang (satuan keamanan ditingkat desa adat), bertempat di Wantilan Jaba Pura Pengikup, Payangan, Selasa (13/6). Sebanyak 80 Pecalang se-Desa Bukian hadir dalam kegiatan tersebut.

AKP Gede Endrawan, S.H., M.H. mengatakan, latihan kepada para pecalang akan berlangsung selama satu bulan, dimulai dari pukul 19.00 Wita sampai dengan 20.30 Wita. Tujuannya untuk menyamakan persepsi tentang tugas-tugas Pecalang. Tidak hanya itu, pengarahan juga diberikan untuk mengajak para pecalang agar ikut membantu menjaga keamanan dimasing-masing desa. Para Pecalang harus sopan, berwibawa dan tidak arogan saat menjalankan tugasnya.

“Kita juga memberikan pembinaan untuk meningkatkan keterampilan dalam baris berbaris, penghormatan dan pengaturan lalu lintas. Kegiatan ini akan terus dilakukan bahkan kita akan datangi desa-desa yang lain,” ujar Kapolsek Payangan AKP Gede Endrawan, S.H., M.H., Rabu (14/6).

Penulis : Bina Wartawan

Editor   : Umi Fadilah

Publish : Adhitya Yoga

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password