Kaba Intelkam Polri saat Safari Ramadhan di Kaltim: Kita Menjalankan Tugas Kepolisian, juga Tugas Sebagai Insan Hamba Tuhan

Tribratanews.polri.go.id, BALIKPAPAN,- Sebanyak 200 santri dari pondok pesantren dan panti asuhan di Balikpapan buka bersama di rumah kediaman Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs. Safaruddin, dalam rangkaian “Safari Ramadhan MUI Pusat bersama Mabes Polri” Selasa (13/6/2017) yang dihadiri Wakil Ketua MUI Pusat Prof Dr H Yunahar Ilyas LC. M.AG dan Kaba Intelkam Polri Komjen Pol Lutfi Lubihanto.

Kaba Intelkam Polri dalam sambutannya sembari menunggu buka puasa, mengatakan Mabes Polri ingin melihat sudah sejauh mana, kepolisian melakukan langkah-langkah dalam rangka memberikan pengayoman dan perlindungan kepada masyarakat terlebih-lebih dalam bulan suci Ramadhan ini. Dimana di samping kita menjalankan tugas-tugas kepolisian, juga tugas sebagia insan hamba Tuhan, bagi muslim-muslimah, yang wajib hukumnya memberikan sentuhan, perhatian kepada seluruh masyarakat.

“Jadi komunitas masyarakat tidak hanya Islam, tetapi seluruh warga masyarakat di Kalimantan Timur. Terlebih warga masyarakat yang juga sama sedang menjalankan ibadah puasa,” katanya.

Kaba Intelkam Polri ketika memberikan sambutan.
Kaba Intelkam Polri ketika memberikan sambutan.

Pada kesempatan itu, Kaba Intelkam Polri memuji Polda Kaltim telah banyak melakukan banyak kegiatan, seperti yang bisa dilihat pada sore ini secara kasat mata. Kita bisa melihat  banyak para santri dan anak-anak tercinta yang memang memerlukan perhatian kita semua.

Beberapa kesempatan yang lalu, kami juga ingin meyampaikan bahwa perhatian kita kepada mereka, terutama anak-anak santri yang rata-rata direkrut pengelola atau pengasuh pondok pesantren dari mereka-mereka yang memerlukan bantuan.

“Banyak di antara mereka anak yatim, atau yatim piatu. Yang karena kesibukan kita, perhatian kita pada hari-hari biasa luput. Pada kesempatan inilah kita melakukan banyak kegiatan untuk itu,” ujarnya.

Perhatian kita kepada mereka, kata Kaba Intelkam Polri, sebagaimana juga yang diajarkan Nabi kita Muhammad SAW, yang perhatian terhadap anak yatim. Ketika beliau memberikan perhatian yang cukup besar, itu harus kita tiru dalam perilaku kita keseharian.

13-buka-puasa-mui-mabes-polda8-300x225

Pada kesempatan itu, Kaba Intelkam Polri menyampaikan kepada Kapolda Kaltim dan Jajaran, juga kepada Ketua DPRD, Gubernur Kaltim atau yang mewakili, dan para undangan, bahwa bahwa Polda Kaltim untuk periode dalam beberapa waktu ini menduduki rangking pertama untuk kegiatan yang dihimpun dan dilaksanakan kemudian direkapotulasi di tingkat Mabes Polri.

“Polda Kaltim menduduki peringkat pertama, H -1 itu 3.800 sekian per hari, dan tanggal 12 Juni ini, 4.474 kegiatan.. untuk mencapai mencapai target 4.484. Luarbiasa besar. Sementara di polda-polda lain beragam, di Kalteng mendekati 4.400 sekian kegiatan. Tetapi ada di beberapa Polda ada yang seratus dan di bawah seratus kegiatan,” kata Kaba Intelkam yang disambut tepuk tangan undangan yang hadir.

Prestasi ini, artinya menggambarkan sebuah kegiatan yang masif. Sebuah kegiatan yang dilakukan, tidak hanya di pusat, akan tetapi di semua daerah termasuk di satuan-satuan Brimob.Tidak ada tujuan atau misi lain di dalam kegiatan dan aktivitas ini, kecuali merealitaskan kehidupan untuk saling berbagi. Untuk membangun toleransi.

“Toleransi dalam seluruh aspek kehidupan bermasyarakat. Agar supaya, ikatan komunal antar satu dengan masyarakat yang lain begitu kuat. Ini nanti akan menghasilkan sebuah kondisi yang kondusif ketika upaya-upaya preventif dilakukan maksimal,” katanya.

13-buka-puasa-mui-mabes-polda1-300x225

Dengan demikian, jelas Kaba Intelkam, upaya penindakan bisa diminalkan. Bila perlu kegiatan kegiatan reserse penegakan hukum menjadi kecil. Mungkin di lembaga-lembaga pemasyarakatan juga menjadi minimal.

“Sekarang ini sudah sangat luar biasa maksimal, bahkan sudah tidak mencukupi,” kata Kaba Intelkam, sembari menambahkan Polri terus menggandeng  para alim ulama, para tokoh masyarakat yang memang memiliki kopetensi untuk membawa masyarakatnya. “Para tokoh agama, pasti untuk meneruskan nilai-nilai ukhuwah Islamiyah,” tambah Kaba Intelkam Polri Komjen Pol Lutfi Lubihanto.

13-buka-puasa-mui-mabes-polda4-300x225

Sementara itu, beberapa menit sebelum memasuki buka puasa, didahului kultum oleh ustad Hendro yang juga Ketua Muhammadiyah Balikpapan dengan tema puasa meredam hawa nafsu, dilanjutkan dengan salat Magrib berjamaah yang dipimpin oleh Ustad KH Muhammad Zailani Mawardi. Lc.

Penulis: Baim

Editor: Umi Fadillah

Publish: Baim / Humas Polda Kaltim

Admin Polri54660 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password