Jelang Arus Mudik Polres Karanganyar “Kandangkan” Bus Tak Laik Jalan

Tribratanews.polri.go.id- Polres Karanganyar- Sebanyak empat bus AKDP ditilang dan dikandangkan karena melanggar trayek dan tidak laik jalan. Tim gabungan Polres Karanganyar dan Dinas Perhubungan Perumahan dan Kawasan Permukiman (Dishub PKP) mengecek kondisi bus AKDP yang transit di Terminal Tegalgede Karanganyar pada Selasa (13/6). Hasilnya, polisi menilang empat bus. Dua bus di antara terpaksa dikandangkan atau tidak boleh melanjutkan perjalanan karena melanggar trayek dan tidak laik jalan.

Empat bus itu tidak seharusnya melintas di Karanganyar karena tidak ada di dalam trayek. Tetapi, bus nekat transit dan mengangkut penumpang di Terminal Tegalgede Karanganyar. Akibatnya, sejumlah penumpang terpaksa turun dan pindah ke bus lain.

Selain melanggar trayek, kondisi bus tidak laik jalan. Salah satu buktinya, kondisi ban vulkanisir dan sobek pada beberapa bagian. Selain mengecek kondisi bus, polisi juga mengecek kondisi awak bus, seperti sopir dan kenek. Polisi mengecek apakah sopir menggunakan obat-obatan terlarang selama mengemudi.
Sejumlah sopir dan kenek diminta menampung urine menggunakan wadah yang telah disediakan.

Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Safri Simanjuntak, SIK, MSi menyampaikan pengecekan kondisi bus dan awak bus merupakan bentuk kesiapsiagaan Polres dan Dishub PKP Karanganyar menghadapi mudik. Orang nomor satu di Mapolres itu menyampaikan bahaya bus yang melanggar izin trayek.
“Dua armada bus dikandangkan karena melanggar izin trayek. Itu fatal karena berkaitan pengaturan, perencanaan, pengorganisasian, dan berpotensi konflik. Kami akan periksa pemenuhan teknis dan laik jalan sampai hari H. Kami tidak segan mengandangkan bus yang tidak mengikuti persyaratan teknis dan laik jalan,” kata Kapolres Karanganyar.

Penulis : Iswanez
Editor: Astuti
Publish: Iswanez

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password