Kelaikan Armada dan Kesehatan Pengemudi Bus Diperiksa

Tribratanews.polri.go.id, Polres Brebes, Polda Jateng – Jelang Operasi Ramadniya Candi (ORC) 2017, Satuan Lalu Lintas Polres Brebes, Selasa (13/6/2017) melaksanakan Pengecekan Laik jalan armada bus yang akan digunakan untuk angkutan lebaran 2017 diteminal Bus Tanjung Kabupaten Brebes.

Selain pengecekan armada, kegiatan yang juga melibatkan Dishub Kabupaten Brebes, Dinas Kesehatan dan Dokter Kepolisian (Dokpol) Polres Brebes ini juga melaksanakan penegecekan kesehatan pengemudi bus angkutan lebaran dalam rangka ORC 2017.

Selain diterminal Tanjung, salah satu perusahaan Otobus (PO) yang berada di Cimohong Kecamatan Bulakamba didatangi petugas guna diperiksa kelaikan armada dan armadadan kesehatan awak/kru angkutan tersebut.

Kasatlantas Polres Brebes AKP Arfan Zulkan Sipayung melalui Kanit Laka Iptu Himawan mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari persiapan ORC 2017. Dimana, pihaknya ingin memastikan semua bus aman untuk mengangkut penumpang angkutan lebaran ini. “Kita ingin semuanya aman,” kata Himawan.

WhatsApp Image 2017-06-13 at 14.54.52

Selain armada, pemeriksaan kesehatan juga dilakukan oleh Tim Dinkes dan Dokpol Polres Brebes. Hal itu dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan sopir. Mengetahui kondisi kesehatan tersebut dinilai penting karena menyangkut keselamatan penumpang. Apalagi saat ini sudah mendekati arus mudik Lebaran 2017.

Dalam pemeriksaan itu para awak bus juga dilakukan tes urine guna mendeteksi apakah menggunakan narkoba atau tidak. Selain itu juga dilakukan pemeriksaan tes darah, penggunaan alkohol dan kadar nikotin. “Pemeriksaan kesehatan ini hasil kerjasama Dinkes Kabupaten Brebes dan Dokpol dari Polres Brebes,” imbuh Himawan.

Himawan menyatakan, pemeriksaan kesehatan ini juga untuk bahan evaluasi kepada para PO, jika ada awak/kru yang terindikasi menggunakan obat terlarang agar bisa diberikan pembinaan kepada masing-masing awak Bus. “Dari hasil pemeriksaan kesehatan didua tempat yang telah dilakukan, tidak ditemukan adanya para sopir yang mengkonsumsi obat terlarang,”jelasnya.

Sementara itu dari hasil pengecekan kelayakan armada angkutan umum, hasilnya semua kendaraan dalam kondisi baik dan layak pakai untuk di pergunakan sebagai sarana transprotasi mudik lebaran 2017. Namun demikian, masih ada beberapa kelengkapan yang yang masih kurang dan harus dilengkapi, seperti halnya pemecah kaca yang harus ada jika terjadi gawat darurat.

“Hal ini sudah kami sampaikan kepada pimpinan PO dan mendapat respon possitif dan akan segera diengkapi,” pungkas Kanit Laka Iptu Himawan.

Penulis : Sarinto

Editor : Umi Fadilah

Publish : Wagiman

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password