Kapolsek Kelam Hadiri Rapat Penyelesaian Ganti Rugi Lahan Masyarakat

Tribratanews.polri.go.id.Polda Kalbar, Resort Sintang – Bertempat di Balai pertemuan PT. Agro Sukses Lestari  (ASL ) Bag Timur Ds. Mandiri Jaya, Kec. Kelam Permai, telah dilaksanakan Rapat penyelesaian tuntutan ganti rugi lahan masyarakat Dsn Gading Ds. Nanga Lebang dengan pihak perusahaan PT. ASL Timur (Bunas Grup), Senin ( 12/6/2107) kemarin.

Selain Kapolsek Kelam Permai Iptu Zulpikar, hadir juga yang mewakili Camat Kelam Permai, Kasi Ekbang Kantor kecamatan sdr. Maryo Chemos S.Sos, Koordinator Humas PT. ASL Timur sdr. Orianto, Kepala Desa Nanga Lebang Sdr. Sabarudin, Tokoh Adat Dsn. Gading Sdr. Lidi. serta perwakilan masyarakat Dsn. Gading Ds. Nanga Lebang Sdr. Budin Andika sekitar 30 orang.

Pada pertemuan yang digelar pada pukul 14.00 wib, kemarin (12/6/2017), oleh pihak masyarakat Dsn Gading Ds. Ng Lebang sejumlah 26 KK menuntut pihak Pt. Agro Sukses Lestari Bag Timur (Bunas Grup) yang merasa belum pernah menerima uang ganti rugi penyerahan lahan pada Tahun 2012 hingga sekarang, dalam tuntutannya warga Dsn Gading yang dikoordinir oleh Sdr. Budin Andika menjelaskan kalau sudah beberapa kali mengajukan permasalahan tersebut ke pihak Manegement Perusahaan tapi tidak pernah ditindak lanjuti, maka warga Dsn. Gading akan melakukan penutupan akses jalan masuk ke Pabrik pengolahan kelapa sawit.

Sementara itu dari Pihak Mangement Pt. ASL Bag Timur meminta Unsur Forkompimcam Kelam Permai untuk dilakukan mediasi dan menengahi atas tuntutan yang dilakukan warga Dsn. Gading Ds. Ng Lebang tersebut.

Koordinator Humas Sdr. Orianto , menjelaskan bahwa Penyaluran uang ganti rugi lahan kepada pihak masyarakat Dsn. Gading pada Tahun 2012 telah direalisasikan sesuai dengan SOP yang berlaku bagi Perusahaan Perkebunan.

“Mengingat limit waktunya sudah 5 Tahun maka kami ( pihak Perusahaan) meminta waktu untuk mengumpulkan kembali dokumen penyerahan lahan dimaksud dan siap untuk meninjau ulang dilapangan jika ada hal-hal yang tidak sesuai dengan dengan ketentuan,” jelas Oriantoro.

Lebih lanjut dari Unsur Forkompimcam Kelam Permai dalam hal ini menekankan pada pihak masyarakat Dsn. Gading agar tidak melakukan hal-hal yang bertentangan dengan hukum dan permasalahan dimaksud dapat diselesaikan dengan cara musyawarah mengingat lahan yang dipesengketakan sudah ditanam sawit dan masyarakat yang melakukan tuntutan juga termasuk petani plasma yang masih dalam lingkup pembinaan Perusahaan. Juga kepada pihak Managemen Perusahaan ditekankan agar cepat melengkapi Dokumen dan bukti-bukti atas tuntutan masyarakat Dsn. Gading agar permasalahan tersebut dengan cepat dapat diselesaikan dengan baik.

Menurut Kapolsek Kelam Iptu Zulfikar dalam pertemuan tersebut kedua belah pihak baik warga Dsn Gading Ds. Ng Lebang dan Perusahaan telah bersepakat menyelesaikan dengan cara musyawarah untuk mencari solusi yang terbaik dan tidak merugikan kedua belah pihak ( Win win solusi )

” Akan dilakukan pertemuan kembali antara pihak Perusahaan dengan masyarakat Dsn Gading Ds Nanga Lebang Kec. Kelam Permai, dengan Agenda pertemuan lanjutan akan dilaksanakan setelah selesai Lebaran mengingat, staf perusahaan yang membidangi Penyerahan Lahan warga sudah ada yang cuti,” unjar Iptu Zulfikar.

Penulis : Hariyanto
Editor : Umi Fadilah
Publish : Cucu Safiyudin

Admin Polri56606 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password