Polisi, TNI dan Pecalang, Amankan Upacara Geret Pandan Di Desa Tenganan Pegringsingan

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Daya tarik wisata Karangasem selain panorama, adat istiadat dan wisata agro, juga ada wisata budaya dan upacara keagamaan yang telah kesohor ke segala penjuru termasuk luar negeri. Upacara Usaba Sambah yang lebih dikenal dengan Geret Pandan (perang pandan berduri) suatu upacara keagamaan yang berlangsung setahun sekali di Desa Tenganan Pegringsingan, Manggis, Karangasem. Upacara ini akan berlangsung selama dua hari, dari tanggal 12 sampai dengan 13 Juni 2017.

WhatsApp Image 2017-06-12 at 13.44.17Untuk mengantisipasi keamanan dan kelancaran prosesi keagamaan yang hanya ada di Desa Tenganan Pegringsingan dan satu-satunya ada di dunia ini, Kapolsek Manggis Kompol I Gusti Sukawana turun langsung untuk memimpin pengamanan. Sebanyak 28 personel dilibatkan untuk mengawal jalannya upacara tersebut, agar bisa berjalan aman, lancar dan sukses. Penempatan personel disejumlah titik, mulai dari simpang tiga Pesedahan, tempat parkir dan lokasi upacara megeret pandan.

Kompol I Gusti Sukawana mengatakan, pengamanan yang juga melibatkan TNI dan Pecalang untuk memberikan rasa aman, nyaman dan kelancaran saat prosesi upacara, termasuk penonton yang menyaksikan upacara perang pandan. Selain wisatawan domestik upacara ini akan dihadiri ratusan wisatawan mancanegara.

“Untuk acara puncak Geret Pandan pada Selasa (13/6), kemungkinan pengunjung akan lebih banyak lagi, sehingga kami akan persiapkan pengamanan lebih maksimal,” ujar Kapolsek Manggis Kompol I Gusti Sukawana disela-sela pelaksanaan pengamanan, Senin (12/6).

Penulis  : Ketut Dasta

Editor    : Umi Fadilah

Publish  : I Putu Adnyana

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password