Mencoba Kabur, Narapidana Terorisme Azmi Fuadi Berhasil Ditangkap Petugas Lapas dan Sabhara Polres Bojonegoro

Tribratanews.polri.go.id – Polres Bojonegoro, Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S Bintoro SH SIK MSi, kepada media ini mengungkapkan bahwa pada Minggu (11/06/2017) sekira pukul 09.15 WIB, seorang narapidana terorisme Lapas kelas 2A Bojonegoro yang bernama Azmi Fuadi Bin Mukhtar (24), diketahui oleh petugas jaga lapas telah melarikan diri, namun aksi tersebut berhasil digagalkan oleh petugas jaga Lapas Kelas 2A Bojonegoro bersama anggota Sat Sabhara Pores Bojonegoro yang saat itu sedang melaksanakan patroli di lokasi tersebut, sehingga Azmi Fuadi Bin Mukhtar, berhasil kembali ditangkap di Jalan dr Wahidin yang berjarak sekitar 100 meter dari Lapas kelas 2A Bojonegoro.

“Alhamdullilah, tahanan tersebut dapat ditangkap kembali oleh anggota Sabhara Polsek Kota bersama petugas jaga Lapas Kelas 2A Bojonegoro yang saat itu juga melakukan pengejaran,” ungkap Kapolres.

Adapun kronologi pelarian narapidana tersebut, lanjut Kapolres, bahwa pada pukul 07.30 WIB, narapidana Azmi Fuadi Bin Mukhtar dan warga binaan pemasyarakatan (WBP) lainnya melaksanakan solat Dhuha di masjid areal Lapas seperti biasanya dan kegiatan lain yang diketahui oleh petugas lapas.

Pada pukul 09.15 WIB, petugas piket dan komandan jaga Lapas, melakukan kontrol melalui CCTV dan diketahui bahwa narapidana Azmi Fuadi Bin Mukhtar telah berada diatas genteng masjid sebelah selatan lapas, kemudian komandan jaga Lapas berlari menuju seberang gang untuk memerintahkan narapidana Azmi Fuadi Bin Mukhtar, agar segera turun.

“Namun peringatan tersebut tidak dihiraukan dan narapidana Azmi Fuadi Bin Mukhtar, tetap melompat keluar tembok Lapas.” terang Kapolres.

Kapolres melanjutkan, mengetahui situasi tersebut, 2 orang petugas piket lapas segera keluar dari Lapas untuk berjaga di tembok sebelah selatan Lapas, namun saat itu diketahui narapidana Azmi Fuadi Bin Mukhtar, sudah keluar melompat tembok lapas.

Setelah itu, dilakukan pengejaran terhadap narapidana Azmi Fuadi Bin Mukhtar oleh petugas jaga Lapas bersama anggota Sat Sabhara Pores Bojonegoroyang saat itu sedang melaksanakan patroli di wilayah tersebut, sehingga Azmi Fuadi Bin Mukhtar, berhasil ditangkap kembali.

“Azmi Fuadi Bin Mukhtar (24), berhasil ditangkap di Jalan dr Wahidin yang berjarak sekitar 100 meter dari Lapas kelas 2A Bojonegoro.” imbuh Kapolres.

Atas keberhasilan petugas yang berhasil menangkap narapidana yang mencoba melarikan diri tersebut, Kapolres Bojonegoro sangat mengapresiasi kenerja anggotanya. Adapun nama-nama petugas dari patroli Sat Sabhara Pores Bojonegoroyang berhasil membantu menangkap narapidana yang mencoba melarikan diri tersebut adalah Bripka Ilmi, Briptu Dian Ega dan Bripda Firdaus Alamin.
“Kepada ketiga anggota akan kami berikan penghargaan,” terang Kapolres.

Menyikapi hal tersebut, saat ini jajaran Polres Bojonegoro terus berkoordinasi dengan jajaran Lapas Kelas 2A Bojonegoro, khususnya dalam hal peningkatan giat patroli di dalam lapas.
“Kami akan mengevaluasi pelaksanaan jadwal check point patroli anggota Sabhara Polres Bojonegoro dan Polsek Bojonegoro Kota,” lanjut Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres juga berharap agar pihak Lapas kelas 2A Bojonegoro dapat menampilkan CCTV Lapas di Posko Command Center Polres Bojonegoro, agara Polres Bojonegoro dapat membantu memantau situasi dan kondisi di dalam lapas selama 24 jam penuh.
“Kami juga mendorong pihak lapas agar meninggikan dinding lapas dan menambah kawat berduri.” pungkas Kapolres.

 
Penulis : Yudie
Editor : Umi Fadilah
Publish : Jokosembung

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password