Kapolda Kalbar Bersama Syekh Ali Jaber Menyapa Warga dalam Peringatan Nuzulul Qur’an Dimasjid Raya Mujahiddin Pontianak.

Tribratanews.polri.go.id. Polda Kalbar – Yayasan Masjid Raya Mujahiddin Pontianak bekerjasama dengan Universitas Tanjungpura menggelar peringatan Nuzulul Qur’an bersama Syekh Ali Jaber, pada Minggu (11/6) malam.

Kegiatan dihadiri oleh Ketua umum Yayasan Masjid Mujahidin, Pembina dan pengurus dewan Syariah, Imam masjid Mujahidin, Kapolda Kalbar Irjen Pol Drs Erwin Triwanto, Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Drs. Amrin Remico, Rektor Untan Bpk. Prof Dr Thamrin Usman DEA, Bupati Mempawah Bpk. H. Ria Norsan, Wakil Walikota Pontianak Bpk. Ir. Edi Rusdi Kamtono, Kapolresta Pontianak Kota Kombes Pol. Purwanto serta muslimin dan muslimah yang berasal dari kota Pontianak dan Kubu Raya yang berjumlah 3000 orang.

IMG_4214Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Nuzulul Qur’an, yakni malam turunnya Alquran pertama kali dari Allah SWT yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril yang jatuh pada 17 Ramadhan 1438 H.

Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan ini agar seluruh jamaah yang hadir dapat mengambil hikmah dari peringatan moment turunnya Alquran ke dunia, sehingga momentum yang indah itu tak hanya sekedar menjadi acara seremonial belaka.

IMG_4193“Tentu saja yang menjadi harapan adalah kita makin dekat dengan Alquran, sehingga tidak hanya sekedar dibaca, tapi juga diamalkan dan dipraktikkan. Karena Allah berfirman bahwa Alquran itu merupakan petunjuk dalam kehidupan bukan hanya bagi umat Islam, tapi seluruh umat manusia”

“Bulan Ramadan ini adalah bulan empati, bulan dimana hati kita disentuh, juga bulan dimana kita saling berbagi dan mencintai. Oleh sebab itu setelah Ramadan ini berlalu diharapkan bulan berikutnya akan turut membawa makna maupun suasana seperti Ramadan, sehingga sepanjang tahun kita akan saling berbagi dan mencintai sesama umat untuk mewujudkan Islam yang Rahmatan lil Alamin”

Harapan dengan adanya kegiatan ini akan semakin membuat umat Islam, terutama para generasi muda yang menjadi tumpuan harapan Islam dimasa yang akan datang menjadi bersemangat membuka, dan mempelajari Alquran sehingga dapat semakin mempererat ukhuwah Islamiyah.

IMG_4182Dalam tausiyah, Shaikh Ali Jaber menyampaikan bahwa:
1. Bulan Ramadhan adalah bulan ampunan. Orang yang beruntung adalah orang yang memanfaatkan bulan Promo dari Allah yaitu bulan Ramadhan.
2. Umat islam jangan mau diadu domba disosial Media.
3. Indonesia adalah negara dengan toleransi beragama paling tinggi yang hanya ada didunia.
4. Alquran satu satunya kitab yang tidak bisa di rubah dan tidak ada keraguan didalamnya.
5. Alquran diciptakan oleh allah adalah sebagai buku petunjuk manusia.

Hal ini sangat penting diterapkan mengingat masyarakat saat ini dan generasi muda yang semakin dijauhkan dengan Alquran melalui banyak media dan hal-hal yang menyenangkan, “tuturnya.

Diakhir kegiatan Kapolda Kalbar menerima cenderamata berupa Buku “amalan ringan paling menakjubkan” dari Syekh Ali Jaber.

Penulis: Cucu Safiyudin
Editor: Umi Fadillah
Publish: Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password