*KBO Intelkam Monitoring Keberadaan Warga Masyarakat Mungguk Gelombang*

Tribratanews.polri.go.id.Polda Kalbar, Polres Sintang- Permasalahan sengketa tanah yang belum terselesaikan antara Sdr. Iskandar dan Sdr. Sugeng, membuat warga masyarakat Dusun Payan Ds. Mungguk Gelombang Kec. Ketungau Tengah ( Merakai), melakukan pindah sementara ke Kec. Sintang Kab. Sintang, sambil menunggu proses kejelasan Adat, Sabtu ( 10/6/2017).

Monitoring yang dilakukan terkait adanya masyarakat dari Dsn Mungguk Payan Desa Mungguk Gelombang Kecamatan Ketungau Tengah yang pindah sementara di Dsn. Sengkuang Kelurahan Sengkuang Kecamatan Sintang Kabupaten Sintang.

Kegiatan monitoring ini juga dilakukan bersama-sama instansi terkait terdiri dari Kakan Kesbangpol Kab.Sintang Bpk. Drs. Budiharto MSi, Badan Intelijen Negara Bpk. Surya, Danramil 1205-09/Merakai, Mayor CZi. Budi Rahardi, Kapolsek Merakai, Ipda Eko Supriatno S.I.P, KBO Sat Intelkam Polres Stg, Iptu Sutrisno beserta 2 Anggota, Ketua FKUB Kab.Stg, H.Muhfid, Tokoh Agama Ustad Hedy, Pengurus Masjid Muhajirin, Bpk. Edi Gea, Pengurus FKDM Kab. Sintang Sdr. Wawan dan Anggota Unit Intel Kodim 1205/Stg.

” Data yang kita dapatkan dilapangan pada saat monitoring yaitu keberadaan warga ini sudah ada sejak hari Kamis, (08/6/2017), dan lahan yang digunakan sementara para warga Dsn. Mungguk Payan Ds. Mungguk Gelombang Kec. Ketungau Tengah yang pindah sementara adalah lahan milik Bpk. Musendar, dengan luas 40 X 200 M2, dan didiami oleh 8 KK dengan jumlah jiwa 26 orang,” terang Iptu Sutrisno.

Ditambahkan oleh Iptu Sutrisno tentang kronologis kejadian yaitu di Dsn. Mungguk Payan Ds. Mungguk Gelombang Kec. Ketungau Tengah terdiri dari 32 KK dengan jumlah 24 KK Non Muslim ( 91 ) dan 8 KK Muslim ( 46 Jiwa ), sedangkan yang melatar belakangi permasalah tersebut yaitu adanya sengketa lahan antara Sdr. Iskandar ( Muslim ) dengan Sdr. Sugeng ( Non Muslim ).

Menurut Kapolsek Ketungau Tengah Ipda Eko Supriatno, SIP terkait permasalahan ini para perangkat adat telah melakukan upaya penyelesaian antara lain :

~ Pada tanggal 29 Februari 2016, Bertempat di Balai Dsn.Mungguk Payan dilaksanakan sidang adat tingkat desa dengan hasil di menangkan oleh Sdr. Iskandar.

~ Pada tanggal 14 November 2016 ,di tingkat Desa dilaksanakan sidang adat sengketa lahan antara Sdr. Iskandar dengan Sdr. Sugeng.

~ Pada tanggal 24 November 2016, Bertempat di Kediaman Tumenggung Adat Tingkat Kecamatan Bpk. Empuyu, Dengan hasil menyatakan bahwa Sdr. Sugeng berhak sepenuhnya atas tanah yang di sengketakan.

~ Pada tanggal 31 November 2016, Telah dikeluarkan keputusan adat mungkal pendam terhadap Sdr. Iskandar, dengan rincian adat mali mungkal pendam Sbb :
– 1 ekor babi, tiga renti besar dari kepala.
– 1 ekor ayam.
– 1 buah tempayan.
– 1 buah piring.
– 1 helai penyapat berupa kain.
– Adat salah basa 10 jampal.
Namum Sdr. Iskandar tidak mampu membayar adat tersebut sehingga Sdr. Iskandar mengirim surat kepada Bupati Sintang.

~ Pada tanggal 19 Januari 2017, Sdr. Iskandar mengirimkan surat kepada Bupati Sintang untuk meminta memfasilitasi sengketa batas tanah antara Sdr. Iskandar dengan Sdr. Sugeng.

~ Selanjutnya Sdr. Iskandar berencana akan banding terhadap keputusan sidang adat yang di tingkat kecamatan kepada dewan adat kabupaten namun hingga saat ini proses banding belum dilaksanakan.

~ Pada tanggal 23 Mei 2017, Tumenggung Adat Dayak Kecamatan Ketungau Tengah mengeluarkan surat penegasan keputusan yang isinya :
– Menyatakan masa waktu upaya hukum banding adat Sdr. Iskandar sudah berakhir.
– Menyatakan bahwa keputusan adat tingkat tumenggung Kecamatan Ketungau Tengah mempunyai kekuatan hukum yang tetap yang mewajibkan Sdr. Iskandar membayar hukum adat dan mentaati keputusan yang tetapkan.

“Warga yang besengketa sudah berupaya menyelesaian secara adat namun belum ada titik temu penyelesaiannya, hingga akhirnya warga Dsn. Mungguk Payan melakukan pindah ke Kec. Sintang, ” unjar Kapolsek Ket Tengah.

Sementara menurut Sdr. Iskandar untuk pengusiran tidak ada, namun kepindahan mereka di latar bel

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password