Dharma Baktiku untuk Masyarakat Tolitoli, Refleksi Kegiatan Polisi Pasca Banjir Bandang

Tribratanews.polri.go.id – Polres Tolitoli, Banjir yang menimpa kabupaten Tolitoli (3/6) kemarin menyebabkan trauma yang mendalam bagi masyarakat Tolitoli, selain rusaknya tempat tinggal mereka, air bersih yang sulit didapat, longsor di mana-mana, jembatan roboh, jalanan putus, bahkan memakan korban jiwa.

Hal itu tak bisa dipungkiri adalah kelalaian manusia sendiri, Tuhan masih memberikan kita peringatan, hutan kita sebagai paru-paru bumi, sebagai penahan derasnya air yang turun dari gunung kini banyak ditebang oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

9bd00482-6c9f-4891-9e6d-12a4010f268b

Pada saat banjir terjadi, pihak kepolisian hanya bisa melakukan efakuasi, tak banyak yang bisa diselamatkan, air di jalanan setinggi pinggang orang dewasa hingga tiga meter, dan arusnya sangat deras.

Banjir berangsur surut pada saat hujan mulai reda pada pukul 20.00 WITA. Musibah datang tak diketahui, banyak masyarakat yang tak sempat menyelamatkan harta berharga mereka, seorang nenek menyelamatkan cucunya dan dia terbawa arus, seorang laki-laki tertimbun longsor berhari-hari baru ditemukan, sungguh duka bagi masyarakat Tolitoli.

Mengalami hal yang sama, petugas Kepolisian Resor Tolitoli merasakan apa yang masyarakat rasakan, rumah kami juga terkena banjir, pakaian dinas kami hanyut. Kami bangga akan tugas kami, harus menolong masyarakat, walaupun rumah kami ada juga yang rusak.

51a83337-4dfe-4d57-a92a-047d9ebaeeed

Kami hanya bisa bantu masyarakat bersihkan sampah, kami hanya bisa membantu penyaluran bantuan dari pemerintah, kami hanya bisa membantu masyarakat memasang pipa PDAM yang putus terbawa derasnya banjir.

9273d0fb-ae6f-4007-91a1-224e77fa02da

Kami hanya bisa mengangkat lumpur di jalanan, dan kami hanya bisa membantu memberikan air bersih kepada yang membutuhkan. Sedih rasanya melihat keluhan masyarakat di media sosial kami meminta bantuan air bersih, namun kami hanya bisa mengantarnya satu-persatu.

Hanya itu yang bisa kami lakukan untuk masyarakat, kami berusaha melakukan yang terbaik. Disela-sela kami membantu masyarakat, miris rasanya melihat masyarakat Tolitoli memposting bahwa pipa PDAM sudah mulai terpasang satu persatu, tak ada kata “Polisi” yang tertulis di sana.

7f912c8a-f1e0-4ea6-a589-8983b37bf557

Kami juga ada, bukan kami yang memasang bautnya, kami hanya membawa pipa di derasnya air, dan membantu menarik tali agar pipa itu bisa terpasang.

Personil Polres Tolitoli yang lain juga diturunkan di dapur umum, dan di tempat pelayanan kesehatan, sekedar untuk mengamankan dan membantu membungkus nasi bagi masyarakat yang terkena banjir. Juga memberikan masker ke masyarakat agar tidak sakit terkena debu yang beterbangan di jalanan.

Dharma Baktiku untuk Masyarakat Tolitoli.

Penulis : Hernawan Saputra
Editor : Umi Fadilah
Publish : Hernawan Saputra

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password