Diduga Pelaku Kejahatan, Polres Dharmasraya Amankan 3 TNI Gadungan

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sumbar, 3 orang TNI gadungan berhasil diamankan Polres Dharmasraya, mereka diamankan saat Polres Dharmasraya melaksanakan bagi-bagi takjil di jalan depan Mapolres Dharmasraya.

Kapolres Dharmasraya AKBP Rudy Yulianto, S.Ik. MH mengatakan bahwa sewaktu pihaknya sedang bagi-bagi takjil, melihat ketiga pelaku mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi dan gelagatnya mencurigakan.

“Sebenarnya akan diberi pembagian takjil, mobil yang dalam keadaan pecah kaca depan namun ternyata mobil tersebut menghindar dan tidak mau berhenti sehingga kita kejar”, ungkapnya.

Kronologis kejadian sewaktu dilaksanakan pembagian takjil bagi pengguna jalan lalu lewat kendaraan yang dicurigai karena kaca depan mobil tersebut pecah dan dilakukan penyetopan namun kendaraan tersebut menerobos dan dilakukan pengejaran yang dipimpin oleh Kapolres melalui Kanit Laka Polres Dharmasraya Ipda Altof.

“Ini berkat naluri dan kepekaan Kepolisian di jajaran Polres Dharmasraya terhadap hal-hal yang mencurigakan”, terang AKBP Rudy Yulianto.

Dalam perjalanan Kanit Laka Ipda Altof mendapat telphone dari Kapolsek Jujuhan Kab. Bungo bahwa diwilayahnya terjadi perampokan sehingga Altof menyebarkan informasi kejajaran dan dilakukan pengejaran bersama sat Reskrim dan anggota Polsek Pulau Punjung.

Kapolres juga melakukan koordinasi dengan Danramil Pulau Punjung dan Pabung Kodim 0310/SSD untuk bergabung dalam menangani kejadian ini, karena ada penggunaan seragam TNI. “Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang berbenturan dengan rekan kita”, ujarnya.

Akibat ada buka tutup pada pengerjaan jalan di Sungai Dareh, komplotan berseragam TNI langsung masuk jalan kecil ke pemukiman rumah penduduk, dan komplotan tersebut terdiri dari 3 orang keluar dari dalam mobil dengan menenteng senjata.

IMG-20170610-WA0018

Berkat kemampuan bela diri maka petugas gabungan Polres Dharmasraya (Satlantas, Satreskrim dan Polsek Pulau Punjung) berhasil melumpuhkan 3 orang pelaku setelah terjadi duel di tanah lapang.

Adapun identitas ketiga pelaku adalah D (28) warga Kubu Dalam Parak Karakah Kec. Padang Timur (menggunakan baju kaos TNI), EP (20) warga Pengambiran Ampalu Kec. Lubuk Begalung (menggunakan celana dinas TNI) dan EP (25) warga Pengambiran Ampalu Kec. Lubuk Begalung kodya Padang (menggunakan pakaian baju TNI AD lengkap dengan nama Sertu R. I Siregar).

IMG_20170610_220621

Barang bukti yang diamankan berupa 1 unit mobil Xenia warna abu-abu BH 1339 LK, 3 pucuk senjata terdiri dari dua pucuk air softgun (bentuk senjata Pistol) dan satu senjata mainan (bentuk senjata Pistol), 1 buah sangkur, beberapa seragam TNI-AD lengkap dengan atributnya, Pesawat HT, identitas berupa KTP, KTA yang diduga palsu dan sejumlah uang.

Tiga orang tersangka saat ini diamankan di Polsek Pulau Punjung untuk proses selanjutnya dan akan dilakukan koordinasi dengan Polsek Jujuhan dan Polres Muaro Bungo Jambi.

“Hasil interogasi didapatkan bahwa ketiganya bukan anggota TNI, tapi gadungan”, tambah Kapolres.

Penulis : R. Fauzi
Editor : Umi Fadilah
Publish : R. Fauzi

Admin Polri54021 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password