Kasat Sabhara Polres Bulukumba : Jika Tak Ingin Kendaraan Ditahan 1 Bulan, Jangan Ikut-ikut Aksi Balap Liar

Tribratanews.polri.go.id – Bulukumba Sulsel, Personil Sat Lantas bersama Regu Patmor Sat Sabhara Polres Bulukumba melakukan Operasi Balapan Liar, Jumat Pagi (09/06/17).

Dari operasi tersebut polisi berhasil mengamankan beberapa orang beserta kendaraannya yang diduga melakukan balap liar di sekitar Bundaran Phinisi Kab.Bulukumba dan tidak memiliki kelengkapan.

“Operasi balap liar ini akan kita gelar terus, sampai keluhan atau pengaduan dari masyarakat tidak ada lagi. Dan kondisi jalan raya sekitar Bundaran Phinisi bebas dari balapan liar yang selama ini sudah meresahkan masyarakat,” ujar Kasat Sabhara AKP Sudirman.

AKP Sudirman melanjutkan, setelah kendaraan ditahan para remaja yang terjaring razia ini terkadang takut untuk pulang kerumah. Mereka dihantui rasa bersalah karena kendaraan yang digunakannya diamankan oleh kepolisian. Untuk itu untuk membuat efek jera para pelaku, pihaknya mengimbau agar tak lagi terlibat aksi balap liar.

“Jika tak ingin kendaraan ditahan 1 bulan, jangan ikut-ikut aksi balap liar,” tegas AKP Sudirman.

Balap liar sudah menjadi fenomena sosial tidak hanya di kota besar tetapi juga merambah kota-kota kecil. Balap liar justru menimbulkan pelanggaran hukum seperti judi, transaksi narkoba, minuman keras dan bahkan menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

Tindakan balap liar sendiri adalah pelanggaran hukum yang diatur Undang-Undang Lalu Lintas No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Upaya-upaya pihak Kepolisian untuk mencegah terjadinya aksi balap liar telah dilakukan seperti melakukan penanggulangan secara preventif seperti sosialisasi
ke komunitas, sekolah dan masyarakat.

Balapan liar sendiri memiliki sisi negatif dan akibat bagi pelakunya, diantaranya.

  1. Kematian

Pembalap sangat mudah kecelakaan karna mereka melaju dengan kecepatan tinggi, apabila ada kelalaian sedikit, yang terjadi adalah kecelakaan. Kecelakaan itupun relatif keras sehingga akibat nya adalah kematian.

  1. Nilai Pendidikan

Nilai Pendidikan Rendah Balapan liar relatif selalu di lakukan di malam hari, ini menyebabkan para siswa tidak belajar. Nilai mereka pun rendah daripada siswa yang tidak mengikuti balapan liar.

  1. Dijauhi lingkungan sosial

Kebanyakan siswa-siswa yang mengikuti balapan liar ialah siswa yang nakal, otomatis lingkungan sosial/ masyarakat menjauhi mereka karena rasa tidak senang.

Penulis : Qadri

Editor : Astuti

Admin Polri56606 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password