Dua Pengurus Gereja bersengketa Kapolsek Laweyan Surakarta Turun Tangan Mendamaikan

Tribratanews.polri.go.id.Polresta Surakarta. Polda Jateng – Kapolsek Laweyan Kompol Santoso,SE,MH turun tangan langsung menengahi sengketa atas hak kepengurusan Gereja Kristen Jawa (GKJ) Karangasem, Jumat malam (09/06/2017).

Bertempat di GKJ Karangasem Jalan Tanjung VI No. 04 RT 03 / RW 03 Karangasem Laweyan Surakarta, Polsek Laweyan telah mendatangi TKP penggembokan pintu gerbang GKJ Karangasem yang menjadi sengketa atas hak kepengurusannya antara GKJ Siwalan Kerten dengan GKJ Karangasem. Dimana secara kepengurusan GKJ Karangasem dibawah Majelis GKJ Siwalan Kerten.

Polsek Laweyan mendatangi TKP penggembokan pintu pagar/pintu gerbang GKJ Karangasem tersebut setelah mendapatkan laporan dari warga yang merupakan jemaat GKJ Siwalan Kerten yang melaporkan bahwa pintu gerbang GKJ Karangasem telah tergembok dari luar.

Dari TKP dapat diketahui bahwa yang melakukan penggembokan pintu gerbang GKJ Karangasem tersebut dilakukan sepihak oleh pihak Majelis GKJ Karangasem. Hal ini dilatari klaim bahwa mereka sudah didewasakan dan lebih berhak atas kepengurusan GKJ Karangasem.

Kapolsek Laweyan Kompol Santosa SE MH lantas mempertemukan kedua belah pihak yang bersengketa yaitu antara pihak Majelis GKJ Siwalan Kerten yang diwakili oleh Agus (Ketua Majelis GKJ Kerten) dan Sriyani (Koordinator Bidang GKJ Kerten) dengan pihak Majelis GKJ Karangasem yang diwakili oleh Sugriwo. Dari hasil pertemuan tersebut disepakati bahwa untuk sementara pintu gerbang dibuka dan kunci dititipkan / diamankan oleh Polsek Laweyan sampai ada kesepakatan dari kedua belah pihak.

Rencananya selanjutnya sengketa ini akan ditengahi oleh Sinode sebagai pihak yang berkewenangan / membawahi dan memutuskan permasaahan-permasalahan yang ada pada gereja-gereja Kristen. Adapun waktunya menunggu koordinasi serta kesiapan dari pihak Sinode yang berkedudukan di Salatiga.

Penulis : Heri Laweyan

Editor   : Umi Fadilah

Publish : Sumarjo

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password