Demi Mendapatkan Calon Anggota Polri yang Bersih dan Berintegritas, Polda Bali Gelar Tes PMK

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) membuka penerimaan anggota Polri melalui seleksi penerimaan Taruna Akademi Kepolisian (Akpol), Bintara Polri dan Tamtama TA 2017. Proses seleksinya masih terus berjalan, hingga saat ini pelaksanaannya sudah sampai pada tahap Penelusuran Mental Kepribadian (PMK). Sebanyak 15 peserta calon Taruna Akpol terdiri dari 13 pria dan 2 wanita mengikuti kegiatan PMK di Gedung Rupatama dan Gedung Kemala Hikmah Polda Bali, Jumat (9/6).

WhatsApp Image 2017-06-09 at 14.49.02Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Bali Kombes Pol. Drs. Jawari, S.H., M.H. mengatakan, dilakukannya tes PMK untuk mendapatkan calon anggota Polri yang bersih dan berintegritas. Dalam pelaksanaan tes ini dilakukan beberapa metode yaitu penulusuran lingkungan, pengisian DPCT, menjawab kuisioner dan mengikuti wawancara.

Sebelum tes dimulai para peserta secara keseluruhan diminta untuk masuk ke Gedung Rupatama. Para peserta wajib menjawab 100 soal, pilihan jawaban yang dianggap benar oleh para peserta langsung diisi dalam Lembar Jawaban Komputer (LJK). Tidak hanya itu, para peserta juga harus mengisi Daftar Pengisian Clearence Test (DPCT).

“Panitia seleksi menyediakan waktu selama 4 jam, untuk menjawab 100 soal dan mengisi DPCT,” terang Karo SDM Polda Bali Kombes Pol. Drs. Jawari, S.H., M.H.

Karo SDM Polda Bali menambahkan, usai mengisi LJK dan DPCT, para peserta diarahkan ke Gedung Kemala Hikmah untuk mengikuti wawancara pendalaman PMK. Wawancara dilakukan oleh Bidang Propam Polda Bali untuk lebih mendalami sikap dan perilaku peserta maupun aspek-aspek lainnya yang berkaitan dengan pemeriksaan PMK.

“Setelah melaksanakan tes ini, peserta akan melaksanakan tes Rikmin Akhir pada Selasa tanggal 13 Juni 2017 di GOR Lila Bhuana Denpasar,” imbuhnya.

Penulis  : I Ketut Bina Wartawan

Editor    : Umi Fadilah

Publish  : I Putu Adnyana

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password