Jelang Lebaran, Personil Sat Binmas Polres Karanganyar “Blusukan” ke Pasar-pasar untuk Sosialisasi Uang Palsu

Tribratanews.polri.go.id- Polres Karanganyar-Jelang hari raya lebaran, keberadaan uang palsu (Upal) ditengarai mulai marak beredar. Untuk antisipasi  Satuan Binmas Polres Karanganyar yang dipimpin oleh Kasat Binmas AKP Suwarsi SH melaksanakan sosialisasi  di Pasar Jungke, Karanganyar, Jumat (09/06/2017).

Kasat Binmas AKP Suwarsi dan anggota harus “blusukan” dari pasar ke pasar agar pedagang paham sedetail mungkin ciri-ciri uang palsu.

Kasat Binmas meminta masyarakat untuk segera melapor jika menemukan upal. Tidak hanya itu, Polres Karanganyar menghimbau masyarakat agar lebih waspada dengan peredaran upal. Terutama menjalang hari raya lebaran dimana aktifitas belanja masyarakat mulai meningkat.

Ditambahkannya, pada saat menjelang dan sesudah perayaan lebaran, peredaran dipastikan mengalami meninggkat. Situasi tersebut, seringkali dimanfaatkan oleh para pelaku pengedar upal untuk beraksi. ”Sosialisasi akan terus kita galakkan, harapannya agar  masyarakat semakin waspada terhadap peredaran upal,”  ungkap AKP Suwarsi mewakili Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak, SIK, MSi.

Sementara dalam sosialisasi tersebut, jajaran Polres Karanganyar juga menunjukkan contoh upal pecahan Rp 20 ribu, Rp 50 ribu, dan Rp 100 ribu yang asli.

”Uang palsu jika dilihat berwarna pucat, tidak disertai benang pengawan, tinta pembuatannya tidak menghasilkan perubahan kalau dilihat dari sudut pandang lainnya. Sedangkan uang asli kebalikannya dari upal,” jelas AKP Suwarsi.

“Polres Karanganyar akan meningkatkan intensitas sosialisasi upal dari pasar ke pasar agar masyarakat tidak sampai jadi korban peredaran uang palsu terutama jelang lebaran ini” pungkas AKP Suwarsi.

Penulis: Iswanez

Editor: Astrid

Publish: Iswanez

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password