Polda Kalsel Siap Gelar Operasi Ramadniya Intan 2017

Tribratanews.polri.go.id- Polda Kalsel bersama unsur terkait siap menggelar Operasi Kepolisian Terpusat “Ramadniya Intan 2017” dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1438 Hijriyah di wilayah setempat.

“Operasi yang salah satunya fokus tethadap pengamanan arus mudik Lebaran itu dilaksanakan 16 hari terhitung mulai 21 Juni hingga 6 Juli 2017,” kata Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana di Banjarmasin, Kamis.

Dikatakannya, sebelum operasi tersebut digelar, semua stakeholder yang terlibat menghadiri rapat koordinasi yang dilaksanakan di Rupatama Mapolda Kalsel, Kamis siang.

Pada kesempatan itu, Kapolda mengingatkan seluruh persiapan yang dilakukan dapat diimplementasikan sehingga diharapkan masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan rasa aman dan nyaman.

“Semuanya harus bersinergi dengan membentuk posko terpadu yang di dalamnya melibatkan seluruh instansi yang turut berperan dalam pengamanan untuk kelancaran arus mudik,” ucap perwira tinggi yang akrab dengan awak media itu.

Jenderal bintang satu itupun secara khusus menyoroti arus mudik melalui jalur laut yang mesti benar-benar diawasi secara maksimal.

Rachmat meminta dilakukan pengecekan secara ketat terhadap kondisi kapal, termasuk jumlah penumpang yang harus sesuai kapasitas.

“Sedangkan untuk jalur darat, titik-titik rawan macet dan rawan laka di sepanjang jalan raya di Kalsel saya minta anggota standby serta memasang petunjuk bagi pengguna jalan agar lebih berhati-hati,” tutur Kapolda.

Sementara itu Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhanan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin Baharlan di Banjarmasin, mengungkapkan arus mudik Lebaran tahun ini ada sembilan kapal penumpang yang melayani rute Banjarmasin – Surabaya serta ditambah satu kapal dari Pelni.

“KSOP punya armada kapal patroli yang dalam setiap giatnya bekerja sama dengan Lanal Banjarmasin serta Polair untuk menjaga keamanan dan keselamatan pelayaran,” ujarnya.

penulis  : Yudha

editor    : Umi Fadilah

publish : Hamsan

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password