Pencegahan Karhutla Oleh Bhabinkamtibmas Mendapat Apresiasi dari Kapolres Melawi

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar -Polres Melawi, Kepala Kepolisian Resor Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S. IK, M. Si mengapresiasi serta berterima kasih kepada seluruh anggota khususnya Bhabinkamtibmas yang telah aktif serta rutin melaksanakan himbauan dan sosialisasi tentang Karhutla di wilayah hukum Polres Melawi, Kamis ( 08/6/2017 ).

Kerja keras para Bhayangkara Bhabinkamtibmas untuk memberikan himbauan serta sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak membakar hutan dan lahan mendapat tanggap yang positif dari Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S. IK, M. Si, lewat pesan whatsapp Kapolres Melawi mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota khususnya Bhabinkamtibmas yang telah bekerja keras setiap harinya tidak bosan-bosannya memberikan himbauan kepada masyarakat agar tidak membakar hutan dan lahan jika ingin berkebun atau berladang.

Sosialisasi dan Pencegahan Karhutla mengacu pada Undang-Undang yang berkaitan dengan kebakaran hutan dan lahan yaitu UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup pasal 69 ayat 1 h menerangkan “setiap orang dilarang melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar”.

Oleh sebab itu diharapkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Melawi agar mengetahui konsekuensi dari tindakan membakar hutan dan lahan, diharapkan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Melawi mulai saat ini mau tidak mau kita harus mengubah pola berladang yang sudah turun temurun dilakukan oleh sebagian masyarakat Kabupaten Melawi, mulailah menggunakan pola berkebun atau berladang dengan cara menetap disuatu tempat saja, jangan cemas dengan hasil yang didapat saat panen, dengan pengetahuan serta memanfaatkan pupuk kompos ataupun pupuk organik yang ada dilingkungan atau membeli yang sudah ada dipasaran, yakinlah hasil yang didapat jauh lebih banyak dari hasil yang didapat dengan pola berladang yang berpindah-pindah.

Pemahaman masyarakat selama ini tidak mau berladang menetap karena tanahnya tidak subur lagi, oleh sebab itu kebanyakan dari masyarakat di Kabupaten Melawi ini berkebun atau berladang berpindah-pindah.

Mari bersama-sama kita jaga Hutan kita, kita jaga lingkungan hidup kita, kalau bukan kita siapa lagi, ayo kita Cegah Karhutla di wilayah hukum Polres Melawi, agar bumi yang indah ini sampai keanak cucu kita.

Penulis : Oktavianus Hms Res Mlw
Editor : Ummi Fadillah / Sugeng.hs
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password