Polda Bali Gelar Assessment Center untuk Jabatan Kapolsek

Tribratanews.polri.g.id – Polda Bali, Dalam rangka implementasi pembinaan karier mengacu pada merit system, sekaligus guna memenuhi target capaian quick wins Polri yang merupakan atensi dari pimpinan Polri. Polda Bali secara konsisten dan konsekuen melaksanakan promosi jabatan secara terbuka di lingkungan Polda Bali. Sebanyak 48 peserta calon Kapolsek melaksanakan Leaderless Group Discussion (LGD) dan Beehavioral event Interview (BEI) bertempat di Ruang Assessment Center Polda Bali, Kamis (8/6).

Kabag Binkar Biro SDM Polda Bali AKBP M. Samsu Arifin, S.I.K., M.H. mengatakan, pelaksanaan LGD dan BEI untuk menggali kompetensi soft skill personel yang meliputi kompetensi diluar kemampuan teknis kepolisian. Bertindak sebagai penggali kompetensi personel adalah assessor Polda Bali, yang terdiri dari personel Polda Bali yang sudah memiliki kualifikasi assessor dan mendapat pelatihan atau magang di Bagpenkompeten Robinkar SSDM Polri.

“Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 6 sampai dengan 13 Juni 2017, diikuti 48 peserta terdiri dari 24 personel untuk jabatan Kapolsek Urban dan 24 personel untuk jabatan Kapolsek Rural,” terang mantan Kapolres Jepara ini.
Perwira melati dua dipundak ini menjelaskan, promosi terbuka untuk jabatan Kapolsek tipe urban dan rural di lingkungan Polda Bali dilaksanakan melalui dua tahap ujian yaitu assessment center dan uji kompetensi bidang teknis. Untuk assessment center dilakukan dengan tools mapping psikologi, games, LGD dan BEI.

Setelah pelaksanaan assessment center, para peserta yang dinyatakan memenuhi syarat, cukup memenuhi syarat dan atau yang masih memenuhi syarat, selanjutnya akan dipanggil kembali untuk melaksanakan uji kompetensi bidang teknis kepolisian dan dipaparkan di depan tim penguji yang terdiri dari Pejabat Utama Polda Bali.

“Bagi personel yang belum memenuhi syarat selanjutnya akan dilaksanakan pendalaman melalui feedback pasca pelaksanaan assessment center. Guna membangun obyektifitas, panitia penyelenggara diawasi langsung oleh Bidpropam Polda Bali,” imbuhnya.

Penulis : Bina Wartawan

Editor   : Made Swanjaya

Publish : Adhitya Yoga

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password