Polres Tanggamus Lampung bersama Instansi Siap Melaksanakan Operasi Ramadniya 2017

Tribratanews.polri.go.id – Polda Lampung / Polres Tanggamus. Rapat Koordinasi lintas sektoral Polres Tanggamus bersama dengan Pemkab Tanggamus dan Pringsewu, dalam rangka kesiapan Operasi Ramadniya Krakatau 2017 diwilayah Hukumnya digelar di Aula Aryaguna Polres Tanggamus, Kamis (8/6/17), pukul 09.30 Wib.

Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili, S.Ik., M.Si., dalam penyampaiannya berharap, Operasi Ramadniya 2017 yang merupakan operasi kemanusiaan, dilakukan oleh berbagai Instansi dan dikoordinasikan oleh Kepolisian, tentunya kesiapan tersebut didahului dengan rapat yang digelar saat ini.

“Dengan pelaksanaan operasi Ramadniya 2017 Polres Tanggamus dalam pengamanan Hari raya idul fitri 1438 H/2017, bersama-sama kita kita tingkatkan pengamanan karena mobilisasi kendaraan yang tinggi, baik itu arus mudik maupun arus balik serta bertepatan dengan cuti bersama dan hari libur diperkirakan tempat wisata dipenuhi pengunjung sehingga butuh pengamanan extra” ujar AKBP Alfis Suhaili.

Rapat koordinasi yang digelar di Aula Aryaguna Polres Tanggamus, Kamis (8/6/17).
Rapat koordinasi yang digelar di Aula Aryaguna Polres Tanggamus, Kamis (8/6/17).

Sementara itu Plt Sekda Tanggamus Andi Wijaya menyatakan kesiapannya dalam hal bantuan personil pada operasi Ramadniya 2017. Dimana, bukan hanya personil yang disiapkan, namun alat berat pun siap untuk dioperasikan bilamana dibutuhkan, yang nanti akan ditaruh pada titik rawan bencana. Seperti yang diketahui bahwa, Kabupaten Tanggamus merupakan kabupaten yang memiliki geografis pegunungan, yang sudah tentu rawan akan bencana longsor.

“Kita juga meminta kepada aparat kepolisian untuk sedianya mendirikan pos yang taruh di titik lokasi yang rawan akan kriminalitas. Jadi biar aman para pemudik yang melintas hendak pulang kekampung halaman. Penimbunan bahan pokok juga menjadi perhatian kita agar nantinya bisa bekerja sama untuk sidak pasar mengantisipasi adanya penimbunan bahan pokok. Dan untuk yang di Pekon Umbuh Buah, Kec. Kota Agung Timur yang sering rem blong telah diupayakan anggaran untuk lokasi istrahat,” jelasnya.

Kesiapsediaan itu juga diutarakan oleh Sekda Pringsewu A.Budiman. Dimana, Kabupaten Berjuluk Bumi Secancanan ini telah menyiapkan 52 Personil Dinas Perhubungan (Dishub) Pringsewu, 50 personil Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), 30 anggota Pramuka dan 25 tenaga medis dari Dinas Kesehatan (Diskes) Pringsewu. Kesemua personil sudah siap untuk dilibatkan pada Operasi Ramadniya Krakatau 2017.

Selain dari personil yang telah disebutkan, dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pringsewu juga sudah menutup jalan rusak yang berpotensi kecelakaaan, terutama saat malam puncak arus mudik nanti.

“Bukan hanya personil, Dishub Pringsewu juga mendirikan pos pembantu di area terminal Gading Rejo, disiapkan mobil perbaikan lampu jalan dan Bus, mobil bus transportasi. Kita juga nantinya minta kepada anggota Kepolisian untuk menempatkan personilnya di area taman wisata,” pungkasnya.

Terkait Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan, Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Tanggamus menjelaskan, rencana didirikan 3 Pos Pam dan 1 Pos Pelayanan di jalan lintas barat Kabupaten Tanggamus dan Pringsewu.

Rencana Pos Pengamanan (Pos Pam) dan didirikan di Komplek Masjid Imadudin Jalan Lintas Barat Pekon Way Kerap Kecamatan Semaka, Pos Pam Kota Agung di Komplek SPBU Pekon Tala Gening Kecamatan Kota Agung Barat, Pos Pam Talang Padang di Komplek Pasar Talang Padang dan Satu Pos Pelayanan di Rest Area Gading Rejo Kabupaten Pringsewu” jelasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Tanggamus diwakili Sekda Kab. Tanggamus, Bupati Pringsewu yang diwakili Sekdanya, Dandim 0424 Tanggamus diwakili Danramil Kota Agung, para Kabag, Kasat, Kapolsek Jajaran Polres Tanggamus, Kepala SKPD Kabupaten Tanggamus, Kepala SKPD Kabupaten Pringsewu. (*)

Penulis : Yusuf / N.Muslih
Editor : Umi Fadilah
Publish : N.Muslih Lpg

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password