AKBP Iqbal: Kapolres Toli Toli Yang Merubah Fungsi Water Canon Rusuh Massa Menjadi Pelopor Kegiatan Aksi Peduli Air Bersih Untuk Warga

Tribratanews.polri.go.id – Polres ToliToli. Fungsi dan tugas utama Rantis (Kendaraan Taktis) Water Canon milik Polri adalah untuk menembakkan Bom air ke tengah tengah massa anarkhis saat unjuk rasa / demo. Namun di Polres Toli Toli, oleh Sang Kapolresnya, AKBP M Iqbal A, SIK, fungsi kendaraan Bom air kerusuhan disulap menjadi aksi sosial “Setitik air kehidupan untuk warga Toli Toli”.

IMG-20170608-WA0416Ditemui kontributor tribatanews di tengah kegiatan peduli banjir Polres Toli Toli, Sang Kapolres mengatakan bahwa kegiatan ini adalah murni tugas pengabdian untuk masyarakat yang sedang dilanda kesusahan karena bencana banjir yang melanda. “Tak ada rotan akarpun jadi mas, Air dalam Water Canon untuk rusuh massa kini kita sulap untuk kegiatan Aksi peduli masyarakat Toli Toli” ujar Sang Kapolres membuka pembicaraan. Akhirnya Rantis Water Canon dialih fungsikan oleh Iqbal untuk membantu masyarakatnya yang sedang susah karena dua buah pipa utama PDAM ambruk diterjang banjir. Akibat ambruk pipa PDAM masyarakat tidak memiliki lagi suplai air bersih. Padahal kebutuhan air adalah kebutuhan utama yang tak bisa ditunda tunda.

IMG-20170608-WA0415Ide menyulap dan mengalih fungsikan Rantis Water Canon adalah karena selaku Kapolres, Iqbal merasakan kesulitan warganya yang tidak mendapatkan air bersih selama dua minggu lamanya. Setelah bencana banjir yang membuat masyarakat jadi susah kini kesusahan itu bertambah dan berlipat karena layanan PDAM juga terhenti. Dengan adanya kegiatan sosial air bersih peduli warga ini Iqbal berharap agar kebutuhan MCK masyarakat dapat terpenuhi. “Ini adalah bukti dan bakti tulus institusi Polri untuk masyarakat Toli Toli yang ditimpa bencana banjir” ujar Iqbal.

IMG-20170608-WA0411Diwawancarai terpisah, Lurah Panasakan, Sdr Zainal Abidin (48thn) dan Lurah baru, sdr M. Taufik, S.Sos (40thn) mengatakan sangat bangga dengan terobosan yang digagas oleh Polres Toli Toli dalam membantu warga yang sedang kesulitan air bersih. “Saya sangat berterima kasih pada bapak bapak Polisi kita yang masih sangat muda muda, sebaya dengan anak kandung saya sendiri, dengan semangat mereka menyalurkan air besih kepada warga saya” ujar Pak Lurah Zainal Abidin dan diaminkan oleh Lurah baru M Taufiq. Masyarakat yang sudah diberitahu oleh pak lurahnya bahwa ada bantuan air bersih dari Kendaraan Taktis Water Canon pak Polisi lalu warga ember dan penampung lainnya untuk kebutuhan air rumah mereka. Brigadir Dilvan, Briptu Tomi, Bripda Aris dan Bripda Hafid yang ditugaskan oleh Kapolresnya untuk menyuplai air bersih untuk warga mengatakan sangat senang bisa membantu warga yang sedang ditimpa bencana. “Kami ikutan senang mas, saat melihat warga mendapat air bersih dari Kendaraan Taktis yang kami bawa” ujar Brigadir Dilvan mewakili suara juniornya sesama brigadir Polisi yang bertugas menyuplai air ke tengah tengah warga Toli Toli yang sedang ditimpa bencana.

Penulis : Antoni
Editor : Umi Fadillah
Publish: Alam / Veri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password