Gelar Operasi Pasar, Tim Gabungan Polres Maros Sita Kosmetik Kadaluarsa

Tribratanews.polri.go.id – Maros Sulsel, Jelang hari raya Idul Fitri 2017/1438 H, beberapa harga bahan pokok serta barang kebutuhan rumah tangga lainnya sudah mulai mengalami kenaikan.

Untuk mengantisipasi terjadinya kenaikan secara sepihak oleh para pedagang selain di Pasar sentral Maros, Dinas Koperindag Kabupaten Maros bersama Dinas Kesehatan yang didampingi oleh Personil Polres Maros juga melaksanakan Operasi di Pasar Barandasi Kec. Lau Maros, Rabu (07/06/17).

Tim gabungan mengecek langsung situasi pasar, walau bukan jadwal hari pasar pengunjung yang berbelanja cukup ramai, beberapa masyarakat juga sempat ditanyai untuk mencari informasi tentang kenaikan harga dan teenyata secara umum masih dalam keadaan normal-normal saja.

Selain mengantisipasi lonjakan harga dibulan ramadhan dan menjelang lebaran nanti, operasi kali ini juga menyasar barang-barang kadaluarsa yg mungkin masih dijual. Ternyata beberapa jenis kosmetik yang sudah kadaluarsa masih dipajang dan dijual oleh oknum pedagang.

Beberapa pedagang yang terjaring operasi pasar kemudian didata oleh petugas dan diberikan teguran keras.

Kepala pasar Barandasi Abdul Rasyid mengatakan bahwa dirinya sudah sering menghimbau kepada para pedagang agar memperhatikan tanggal expired dagangannya krn barang tersebut sdh tidak boleh diperjual belikan namun masih ada juga yang membandel.

Ibu lili dari Dinas kesehatan Maros juga menjelaskan bahwa kosmetik-kosmetik yang sudah kadaluarsa sangat berbahaya bagi kesehatan kulit, sangat merugikan masyarakat dan melanggar undang-undang ” Anda bisa dituntut ” tegasnya kepada para pedagang.

Salah satu ciri makeup yang sudah kadaluarsa adalah dari bau dan warnanya yang sudah mulai berubah. Menggunakan makeup kadaluarsa dapat membahayakan kesehatan kulit, mulai dari gatal, iritasi, infeksi, hingga kanker kulit. Tidak ingin bakteri, kuman, ataupun reaksi kimia yang muncul pada makeup kadaluarsa tersebut tertempel di wajah cantik kamu, bukan? Apa yang terjadi jika memakai kosmetik kadaluarsa?

1.Alat tata rias yang dipakai pada mata semacam maskara, eyeliner maupun eyeshadow yang telah begitu lama dapat sebagai lokasi berkembang bakteri yang bisa mengakibatkan konjungtivitis yang mempunyai indikasi kemerahan, gatal serta bengkak pada mata.

2.Lipstik, lip balm maupun lip gloss yang telah terlalu lama bisa mengakibatkan bibir kering, iritasi serta yang paling gawat ialah kulit bisa melepuh.

3.Adapun kuas kotor yang dipakai bisa sebagai lokasi ideal bagi berkembang biaknya mikroorganisme yang bisa mengakibatkan herpes, kurap maupun impetigo yakni sakit menular yang menimbulkan kulit lecet-lecet.

4.Begitupun pada beberapa make-up wajah, dari bedak, foundation, blush on, maupun tata rias wajah lainnya yang telah terlalu lama bisa mengakibatkan gatal, kemerahan, serta kemerahan kulit. Jangan pikir remeh iritasi semacam itu, sebab sejumlah kejadian iritasi adalah indikasi awal kanker kulit.

Penulis : Qadri

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password