Evaluasi Perbaikan Konsep Perencanaan, Kapolda Sulsel Pimpin Musrenbang

Tribratanews.polri.go.id – Makassar Sulsel, Mengingat pentingnya evaluasi dan perbaikan konsep berbagai dokumen perencanaan Polda Sulsel, hari ini diadakan Musrenbang Polda Sulsel tahun 2017 dengan tema Akselerasi Reformasi Birokrasi Guna Mewujudkan POLRI Yang Promoter, di Aula SPN Batua Makassar, Kamis (8/6).

Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono, membuka langsung Musrenbang ini dengan didampingi Wakapolda Sulsel, Irwasda dan PJU Polda Sulsel. Sedangkan peserta yang hadir yakni seluruh Kapolres Jajaran, para Kabag Ren Satker maupun Jajaran dan operator dari masing-masing satker dan jajaran.

Kapolda Sulsel dalam arahannya, mengawali dengan membahas video command center yang ditampilkan sebelum acara dibuka, jika system command center saja dijadikan acuan bagi seluruh Polda di Indonesia, maka jajaran Polda Sulsel sejatinya dapat memanfaatkan teknologi dalam menjaga stabilitas keamanan daerahnya.

Namun tentu harus secara rinci dalam mempersiapkan srategi yang akan diambil sesuai dengan karakter masing-masing daerah. Sebagaimana diketahui karakter tiap daerah tentulah tidak sama, baik pemetaan masalah dalam masyarakatnya demikian topografi wilayahnya.

Kepala Daerah baik Gubernur maupun Walikota dan Bupati sebagai Kepala Pemerintahan pastinya siap bekerja sama mengingat sejatinya tujuan yang ingin dicapai sama. Kemajuan dan kesejahteraan masyarakat tidak mungkin tercapai tanpa stabilitas keamanan di wilayah itu.

Irjen Pol Muktiono juga berpesan kepada para KKapolres yang hadir agar tidak alergi menghadapi perubahan, seperti pesatnya kemajuan teknologi belakangan ini. Seharusnya kita dapat memanfaatkan sebaik mungkin dan menjadi sumber inspirasi dalam menemukan ide-ide yang dapat menunjang dan memudahkan pelaksaan tugas Kepolisian.

“Saya ucapkan selamat melaksanakan Musrenbang 2017, semoga dapat berjalan sebaik-baiknya, terlebih bila dapat memunculkan ide dan terobosan baru nantinya”, demikian ucap sosok nomer satu di Kepolisian Daerah Sulsel ini.

Sedangkan Karo Rena Polda Sulsel Kombes Pol Kombes Pol Raden Lucky Sulaksana dalam laporan pelaksanaannya menjelaskan musrenbang ini sebagai wadah forum komunikasi yang strategis dan sinkronisasi dalam menentukan arah, target dan sasaran pembangunan Polda Sulsel untuk penyusunan rencana kerja 2018. Juga sarana menggali berbagai masukan, saran dan kritik terkait kendala dan masalah dalam pelaksanaan Tupoksi Polda Sulsel.

Hasil yang ingin dicapai dalam Musrenbang kali ini yakni;

  • Mengawal arah kebijakan pemerintah daerah untuk meningkatkan pelayanan public di wilayah hukum Polda Sulsel.
  • Tersusunnya program dan anggaran pada tiap satuan kerja sebagai bahan masukan perencanaan Polda Sulsel untuk membangun dan memantapkan pelayanan prima.
  • Terwujudnya reformasi birokrasi Polri melalui zona integritas guna menuju satker yang WBK dan WBBM.

Kegiatan yang dihadiri 300an peserta ini juga sebagai tindak lanjut dari Musrenbang Polri yang sebelumnya dilaksanakan di Jakarta pada 15 – 17 Mei 2017. Selain membahas paparan materi, kegiatan ini juga diisi dengan diskusi panel oleh sejumlah PJU maupun undangan dari instansi dan pakar terkait.

Para undangan pengisi diskusi yakni Dr H Aswar Hasan MSi merupakan staf ahli Polda sulsel sekaligus dosen ilmu komunikasi UNHAS dan Komisioner Komisi Informasi. Dari BAPEDDA Drs H Jufry Rahman selaku Kepala BAPEDDA Prov Sulsel dan Dra Marni Misnur MM selaku Kepala Kantor Wilayah DJPBN Prov Sulawesi Selatan. Hingga saat ini kegiatan Musrenbang masih terus berlangsung.

 

 

Penulis : Rosdiana
Editor   : Umi Fadilah
Publish : Sumarwan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password